DATAstudi Information

Home » Administrasi » Partispasi Stakeholders Dalam Rangka Otonomi Perguruan Agama Islam

Partispasi Stakeholders Dalam Rangka Otonomi Perguruan Agama Islam

Oleh: SYAMSUHRI HALIM
Perguruan Agama Islam adalah lembaga pendidikan agama yang lahir dari rahim masyarakat yang mendapat pengakuan dari pemerintah, baik dalam status maupun fungsinya yang sama dengan sekolah-sekolah negeri. Dalam perkembangannya madrasah ini menjadi sekolah yang kurang diminati masyarakat karena kualitasnya mungkin berbeda dengan sekolah umum. Terdapat dua masalah yang dihadapi sekolah-sekolah madrasah (1). Belum ada sumber dana tetap dalam penyelenggaraan madrasah. (2) Model pengelolaan yang belum partisipatif.
Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional yang mengatur perihal desentralisasi pendidikan, tentunya akan memperkuat posisi madrasah sebagai sekolah yang lahir dari masyarakat untuk masyarakat, sepanjang pengelolaannya dikembalikan kepada masyarakat bersama pemerintah dan lembaga swasta sebagai stakeholders (pelaku dan pelaksana pendidikan). Konsep Partisipatif stakeholders adalah sebuah pendekatan untuk mereposisi model pengelolaan sekolah madrasah agar dapat akseleratif dengan sekolah-sekolah lain.

Konsep pendidikan Islam dalam sejarah pendidikan di Indonesia dipahami sebagai ciri khas yang berlatar belakang keagamaan, juga batasan yang ditetapkan dalam Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional sebagai berikut; “Pendidikan Nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab”. (USPN, 2003).
Pengertian konsep di atas secara terperinci dikemukakan oleh Soejoeti (1986), pertama, baik pendirian maupun penyelenggaraanya didorong oleh hasrat dan semangat cita-cita untuk mengejawantahkan nilai-nilai Islam. Konteks ini, kata Islam ditempatkan sebagai sumber nilai yang akan direalisasikan dalam seluruh kegiatan pendidikan. Kedua, fokus pendidikan memberikan perhatian tentang ajaran Islam sebagai obyek bidang studi yang diselenggarakannya. Ketiga, jenis pendidikan yang mencakup keduapengertian di atas, Islam ditempatkan sebagai sumber nilai dan sebagai bidang studi yang ditawarkan melalui program studi yang diselenggarakannya.
Menyimak isi Undang-Undang tampak jelas, bahwa pendidikan Islam di Indonesia sebagai sistem pendidikan nasional telah mencita-citakan terbentuknya Insan Kamil atau muslim paripurna, dimana secara implisit menceminkan ciri-ciri kualitas manusia Indonesia seutuhnya sebagaimana yang digambarkan di atas. Tentu saja apa yang digambarkan sebagai yang ideal masih sangat abstrak secara umum, sehingga dalam praktek pendidikan harus dilakukan substansiasi agar operasional yang harus dilakukan secara bertahap.
Melihat konteks visi dan misi pendidikan Islam di Indonesia yang secara khusus diselenggarakan oleh Lembaga-lembaga Perguruan Agama Islam (selanjutnya disingkat PAI) dalam bentuk madrasah dan pondok pesantren. Perkembangannya banyak menghadapi masalah kelembagaan baik dari segi fungsi edukasi maupun dari segi model pengelolaan, sehingga terlihat tidak terselenggara dengan baik bahkan tidak berkualitas bila dilihat dari segi aspek-aspek determinan pendidikan, bahkan tidak responsif terhadap tuntutan saat ini (Fadjar, 1989). Keadaan ini membuat masyarakat tidak tertarik memasukan anaknya dalam lembaga PAI. Bagi sebagian para ahli, PAI telah tersisih dari sistem pendidikan nasional (Tilaar, 2000).

Selengkapnya: Download

Sumber Gambar: republika.co.id


Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Toko belanja online menyajikan model yang unik dan berkarakter, lebih mudah memilih, menemukan, dan memiliki model favorite Anda. http://www.usrotun-store.com

Masukkan alamat email Anda untuk berlangganan melalui email.

Join 7,827 other followers

DATAstudi Information

Recent Posts

%d bloggers like this: