DATAstudi Information

Home » Administrasi » The Influence of Parents Communication toward Students Learning Achievement

The Influence of Parents Communication toward Students Learning Achievement

Oleh: ILYAS

Pembangunan Nasional di bidang pendidikan adalah upaya mencerdaskan kehidupan bangsa dan meningkatkan kualitas manusia Indonesia dalam mewujudkan masyarakat yang maju, adil, dan makmur berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945, yang memungkinkan warganya mengembangkan diri sebagai manusia Indonesia seutuhnya. Sistem pendidikan nasional diselenggarakan melalui dua jalur, yaitu jalur pendidikan sekolah, dan jalur pendidikan luar sekolah. Pendidikan keluarga, komunikasi orang tua terhadap anaknya merupakan bagian dari pendidikan luar sekolah yang diselenggarakan dalam dan oleh keluarga. Jalur pendidikan sekolah terdiri atas pendidikan dasar, pendidikan menengah, dan pendidikan tinggi. Pendidikan dasar merupakan pendidikan yang lamanya sembilan tahun yang diselenggarakan enam tahun di Sekolah Dasar (SD) dan tiga tahun di Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama (SLTP) atau satuan pendidikan yang sederajat.

Pendidikan dasar bertujuan memberikan bekal kemampuan dasar kepada siswa untuk mengembangkan kehidupannya sebagai pribadi, anggota masyarakat, dan warga negara, dan sebagai umat manusia serta mempersiapkan siswa untuk mengikuti pendidikan menengah. Pendidikan dasar yang diselenggarakan di MTsN bertujuan memberikan bekal kemampuan dasar “Baca-Tulis-Hitung”, pengetahuan dan keterampilan dasar yang bermanfaat bagi siswa, sesuai dengan tingkat perkembangannya serta mempersiapkan mereka untuk mengikuti pendidikan di SLTA (menengah) (Nawawi, 1994: 107).

Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) Model Makassar adalah sekolah Sekolah Menengah Tingkat Pertama (SLTP) yang berciri khas agama Islam yang diselenggarakan oleh Departemen Agama yang posisinya sama dengan SLTP yang dibawahi Depdiknas.

Nilai plus yang ada pada Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) Model Makassar terletak pada perlakuan tambahan di luar kurikulum nasional melalui pengembangan materi kurikulum, program pengayaan dan perluasan serta percepatan, pengajaran remedial, pelayanan bimbingan konseling yang berkualitas, pembinaan kreativitas dan disiplin, dan kegiatan ekstra kurikuler lainnya (Departemen Agama, 1998: 2).

Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) Model Makassar dikembangkan untuk mencapai keunggulan dalam keluaran pendidikannya, khususnya di Sulawesesi Selatan. Oleh sebab itu, kehadiran MTsN Model ini, intervensi sistematis diberikan terhadap proses pendidikannya, sehingga memberikan jaminan kualitas hasil yang meyakinkan. Hasil itu ditakar dari dua perspektif, yakni pertama; peserta didik (pebelajar) menunjukkan tingkat penguasaan yang tinggi terhadap tugas-tugas belajar yang harus dikuasainya, dinyatakan dalam prestasi belajar(kualitas internal). Kedua; hasil pendidikan harus sesuai dengan kebutuhan nyata peserta didik. Ini berarti bahwa kegiatan belajar di MTsN Model Makassar, menekankan aspek penguasaan bahan belajar yang amat diperlukan sebagai tumpuan bagi penguasaan pengetahuan dan keterampilan.

Sebagai Madrasah Model, maka struktur pengelolaan MTsN Model Makassar dikembangkan melalui tiga bentuk, yaitu sebagai pusat pembinaan madrasah tsanawiyah yang lain, sebagai pusat pembinaan akademik, dan sebagai pusat pemberdayaan madrasah (Departemen Agama RI, 1998: 3). Bertolak dari peran tersebut, berarti pembelajar (guru) yang bertugas di MTsN Model Makassar dapat berfungsi sebagai nara sumber bagi guru-guru dari madrasah lainnya dalam meningkatkan kemampuan profesionalnya.

Berdasarkan data tentang keadaan pembelajar (guru) pada MTsN Model Makassar jika dilihat dari tingkat pendidikannya, dari 74 orang pembelajar (guru), 55 orang yang berkualifikasi S1, 6 orang yang berkualifikasi S.2, dan hanya 3 orang yang berkualifikasi BA (sarjana muda). Begitu pula jika dilihat dari kualitas latar belakang pendidikan dengan mata pelajaran yang diajarkan sudah sesuai dan memenuhi syarat. Gambaran ini menunjukkan bahwa kualifikasi pembelajar pada MTsN Model Makassar telah memenuhi syarat dan kondisi seperti itu mendukung peningkatan prestasi belajar siswa.


Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Toko belanja online menyajikan model yang unik dan berkarakter, lebih mudah memilih, menemukan, dan memiliki model favorite Anda. http://www.usrotun-store.com

Masukkan alamat email Anda untuk berlangganan melalui email.

Join 7,827 other followers

DATAstudi Information

Recent Posts

%d bloggers like this: