DATAstudi Information

Home » Administrasi » NAD Belajar Data ASIA di Polman

NAD Belajar Data ASIA di Polman

POLEWALI — Pujian lembaga dunia, Unicef terhadap data hasil analisis situasi ibu dan anak (ASIA) berbasis hak asasi manusia (HAM) Kabupaten Polewali Mandar (Polman) tidak berlebihan. Buktinya, tim ASIA Nangro Aceh Darussalam (NAD) datang ke Polewali guna mempelajari proses pembuatan database dan penyusunan laporan ASIA kabupaten tersebut.

Mereka juga mempelajari bagaimana peran dan tanggung jawab tim kelangsungan hidup, perkembangan, dan perlindungan ibu dan anak (KHPPIA) Polman dalam program kerja sama pemerintah kabupaten (pemkab) dengan Unicef.

Tim ASIA NAD berada di Polman selama empat hari mulai 13 sampai 16 Juli. Rombongannya terdiri atas 17 orang dipimpin Kepala Bidang Perencanaan Bappeda NAD, H Mahruzal. Di Polewali, mereka diterima di aula rumah jabatan (rujab) bupati, Selasa malam 13 Juli.

Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat (Pemkesra) Pemkab Polman, Akmal Hidayah mewakili bupati mengatakan, kunjungan tim NAD tersebut mempunyai makna tersendiri dalam mendorong dan meningkatkan perhatian terhadap ibu dan anak melalui data ASIA berbasis HAM.

Polman menjadi percontohan dalam kerja sama pemerintah dengan Unicef terkait monitoring pencapaian sasaran milenium development goals (MDG’s).

Berita sebelumnya menyebutkan, Kepala Perwakilan Unicef Makassar, Purwanta Iskandar memuji hasil penyusunan database ASIA berbasis HAM Polman sebagai percontohan di Indonesia yang menjalin kerja sama dengan Unicef kategori kabupaten.

“Penyusunan data ASIA Polman sangat menggembirakan sehingga layak menjadi contoh bagi kabupaten lain di Indonesia,” ujar Kepala Perwakilan Unicef yang membawahi Sulsel, Sulbar, Gorontalo, dan Maluku Utara.

Dalam kerja sama pemkab dengan Unicef, Akmal menyebutkan beberapa kegiatan yang telah dilaksanakan antara lain, workhsop penyusunan ASIA kabupaten yang diikuti berbagai stakeholder*, penyusunan rencana pembangunan jangka menengah (RPJM) desa dan rencana strategis (renstra) kelurahan berprespektif ibu dan anak dan musyawarah perencanaan pembangunan (musrenbang) desa/kelurahan berprespektif ibu dan anak.

Juga ada pertemuan pemantapan tim ASIA kabupaten dan fasilitator daerah (dasda) dalam penyempurnaan laporan ASIA yang berbasis HAM. “Sudah cukup banyak kegiatan yang kami lakukan di Polman dan Unicef menganggapnya berhasil. Keberhasilan itu mendapat apresiasi untuk menjadi percontohan atau referensi bagi kabupaten lain,” ujar Akmal seperti dilaporkan kontributor Polman, M Danial, Rabu 14 Juli.

Rombongan tim ASIA NAD melihat Sulbar, khususnya Polman sebagai bagian dari pelaksana program MDG’s melalui Bappeda telah menghasilkan database kabupaten yang mendapat apresiasi Unicef.

Mahruzal mengatakan, kunjungannya ke Polman bisa menambah pengetahuan dalam memperkuat database kabupaten dan provinsi, bagi keperluan perencanaan, monitoring, dan evaluasi program di provinsi yang dijuluki Serambi Mekah tersebut. Enam kabupaten di NAD sebagai percontohan ASIA masing-masing Aceh Jaya, Banda Aceh, Aceh Besar, Bener Meriah, Aceh Singkil, dan Aceh Timur. (jai)

Sumber: lokalnews.fajar.co.id (diakses: 29 Juli 2010)

Sumber Foto: Rujab Bupati 13 Juli 2010 (by ridho)


Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Toko belanja online menyajikan model yang unik dan berkarakter, lebih mudah memilih, menemukan, dan memiliki model favorite Anda. http://www.usrotun-store.com

Masukkan alamat email Anda untuk berlangganan melalui email.

Join 7,827 other followers

DATAstudi Information

Recent Posts

%d bloggers like this: