DATAstudi Information

Home » Agama » Dampak Sosial Keagamaan Terhadap Kasus Kriminalitas

Dampak Sosial Keagamaan Terhadap Kasus Kriminalitas

(Studi terhadap para Narapidana di Lembaga Pemasyarakatan)

Oleh: Hamdan Natsir

Dalam sejarah perjalanan kehidupan bangsa Indonesia senantiasa diwarnai dengan berbagai macam reaksi dan gejolak serta pembaharuan pembangunan. Di mana pada berbagai sisi dan dimensi seringkali menimbulkan benturan-benturan dan konsekwensi dalam dinamika bernegara. Akibat-akibat tersebut ada yang bercorak politik, sosial maupun budaya.

Kabupaten Pinrang sebagaimana halnya dengan kabupaten yang ada di wilayah Propinsi Sulawesi Selatan dalam dinamika gerak pembangunan daerahnya senantiasa lebih menitik beratkan dan mengedepankan pembangunan pada aspek peningkatan kesejahteraan dan kemakmuran masyarakat Pinrang, baik secara materil maupun spirituil. Pembangunan daerah pada Pembangunan Jangka Panjang (PJP) I yang dititik beratkan pada sektor ekonomi, ternyata telah banyak membuahkan hasil dan kemajuan yang cukup pesat. Sebagaimana dikemukakan oleh Syamsu Marlin Parenrengi dalam rapat laporan pertanggungjawaban pegurus (KPMP) Pusat periode 1999-2001.

“Kalau kita membaca buku tentang Pinrang Dalam Angka yang merupakan data komulatif dari semua instansi dan unit kerja pemerintah daerah, maka apa yang menjadi sasaran pembangunan yang ditetapkan selama ini semuanya menunjukkan angka yang berhasil seluruhnya”

Keberhasilan pembangunan sektor ekonomi di Kabupaten Pinrang sangat nampak dalam realitasnya baik di kota maupun pedesaan. Pengaruh-pengaruh dari akses arus informasi dan komunikasi global turut memberi peluang bagi terciptanya implikasi-implikasi kehidupan bermasyarakat, baik positif maupun negatif. Mungkin karena didukung oleh kondisi ekonomi masyarakat yang cukup mapan (dari hasil pertanian, perikanan, tani tambak, perkebunan). Masyarakat Pinrang pada umumnya terjebak pada pola gaya hidup yang secara berlebihan terus mengkonsumsi barangbarang mewah produksi teknologi modern.

Dinamika kehidupan masyarakat yang cenderung kearah pola hidup konsumeristik dan materialisme pada akhirnya akan mempengaruhi sendi-sendi aqidah dan moralitas kehidupan keagamaan bahkan cenderung melakukan tindak perbuatan kriminal. Di mana pada kondisi seperti ini nilai-nilai etis adat dan budaya serta agama tidak akan banyak lagi berlaku dan diindahkan oleh masyarakat. Olehnya itu tindak pidana kriminalitas sebagai implikasi dari krisis moralitas yang melanda masyarakat harus ada yang mencegah dan mengajaknya kembali ke jalan ma’ruf.

Dalam kenyataannya laju frekwensi tindak pidana di wilayah Kabupaten Pinrang menunjukkan peningkatan dari tahun-ketahun, baik secara kualitas ataupun kuantitas. Seperti maraknya perjudian, pembunuhan, penganiayaan, perampokan, penipuan, pemerasan (penggelapan), kejahatan dalam jabatan, psikotropika, kejahatan subversi (korupsi) dan sajam (senjata tajam), perkosaan serta pembunuhan.

Berangkat dari fakta dan fenomana tersebut para pelaku tindak kejahatan itu ditampung oleh sebuah lembaga yang dinamakan lembaga pemasyaratan sesuai dengan undang-undang dan pasal-pasal kejahatan yang telah dieksekusi oleh pihak pengadilan, sesuai dengan kasus pelanggarannya. Lembaga pemasyarakatan Lasinrang Pinrang, dengan kapasitas daya tampung 125 orang terletak di jalan andi Abdullah No. 9 Kabupaten Pinrang kurang lebih 195 km dari arah kota Makassar.


Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Toko belanja online menyajikan model yang unik dan berkarakter, lebih mudah memilih, menemukan, dan memiliki model favorite Anda. http://www.usrotun-store.com

Masukkan alamat email Anda untuk berlangganan melalui email.

Join 7,827 other followers

DATAstudi Information

Recent Posts

%d bloggers like this: