DATAstudi Information

Home » Administrasi » Persepsi Pegawai tentang Pendidikan dan Pelatihan pada Kantor Dinas Pendidikan

Persepsi Pegawai tentang Pendidikan dan Pelatihan pada Kantor Dinas Pendidikan

Oleh: FAUZIAH

Pendidikan merupakan suatu investasi yang sangat penting dalam kehidupan suatu bangsa untuk meningkatkan kualitas hidup manusia. Dengan pendidikan, seseorang dapat memperoleh sejumlah pengetahuan dan keterampilan, untuk itu pembangunan di bidang pendidikan merupakan bagian yang penting dalam rangka pengembangan dan peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia menuju masyarakat mandiri. Dalam hal ini, Pegawai Negeri Sipil adalah salah satu unsur aparatur pemerintah yang memiliki peranan strategis dalam menyelenggarakan tugas-tugas umum pemerintahan dan pembangunan yang sesuai dengan tuntutan zaman terutama untuk menjawab tantangan masa depan. Untuk mewujudkan tuntutan tersebut diperlukan adanya Pegawai Negeri Sipil yang berkualitas.

Pegawai Negeri Sipil yang berkualitas adalah pegawai yang memiliki kecakapan dan kemampuan untuk melaksanakan setiap tugas yang dibebankan kepadanya dengan baik, serta mampu memelihara dan mengembangkan kecakapan dan kemampuannya secara berkesinambungan. Oleh karena itu, sudah menjadi tugas pimpinan pada setiap organisasi untuk selalu memikirkan suatu upaya yang harus dilakukan untuk senantiasa memelihara dan membina semua pegawai agar dapat lebih berkualitas dalam rangka pencapaian tujuan.

Pada dasarnya setiap organisasi atau instansi pemerintah, baik instansi yang berskala besar maupun instansi yang ruang lingkupnya kecil, selalu mendambakan tersedianya Pegawai Negeri Sipil yang berkualitas dan cakap dalam menjalankan setiap tugas yang diberikan kepadanya, Pegawai Negeri Sipil yang penuh kesetiaan dan ketaatan kepada pancasila, Undang-undang Dasar 1945, negara dan pemerintah. Selain itu diperlukan Pegawai Negeri Sipil yang bermental baik, berwibawa, kuat, berdaya guna, berhasil guna, berkualitas tinggi dan sadar terhadap tanggung jawabnya (Nainggolan, 1987). Untuk dapat membentuk sosok Pegawai Negeri Sipil seperti dimaksud, berbagai macam cara dan pembinaan terus menerus dilaksanakan, salah satu diantaranya melalui jalur Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) yang mengarah kepada peningkatan kepribadian, mutu dan kemampuan, baik dalam bidang substansi maupun kepemimpinannya dan dapat melaksanakan tugasnya dengan semangat kerjasama dan tanggung jawab sesuai dengan lingkungan kerja. Dalam kaitan tersebut Wursanto (1994: 59) mengemukakan bahwa “untuk mempertinggi mutu para pegawai, baik pengetahuan, kemampuan, keterampilan maupun mentalnya kepada para pegawai perlu diberikan berbagai macam pendidikan dan latihan”.

Pendidikan merupakan tugas untuk meningkatkan pengetahuan, pengertian atau sikap para pegawai sehingga mereka dapat lebih menyesuaikan dengan lingkungan kerja sedangkan pelatihan merupakan proses membantu para pegawai untuk memperoleh efektivitas dalam pekerjaan mereka yang sekarang atau yang akan datang melalui pengembangan pikiran, tindakan, kecakapan, pengetahuan dan sikap yang layak. Dengan demikian, Pegawai yang pernah mengikuti Pendidikan dan Pelatihan diharapkan dapat melaksanakan tugasnya dan mampu mengatasi segala kesulitan yang dihadapi, baik yang dihadapi sekarang maupun kesulitan yang akan datang sehingga pegawai termotivasi untuk meningkatkan kinerjanya dan bertanggung jawab dalam bidang masing-masing. Sebab kesungguhan seseorang untuk menghasilkan pekerjaan yang baik dan dapat diandalkan mutunya menunjukkan kinerja yang tinggi.

Kinerja yang tinggi akan terlihat dari keinginan yang kuat untuk selalu menghasilkan produk atau menyelesaikan pekerjaan dengan baik. Kinerja yang tinggi timbul apabila seseorang bersikap dan memandang kerja sebagai sesuatu hal yang luhur untuk eksistensi manusia. Hal ini dijadikan sebagai suatu kesempatan untuk mengembangkan diri dan berbuat sesuatu untuk masyarakat. Sebaliknya kinerja yang rendah terjadi apabila seseorang tidak mempunyai pandangan atau sikap terhadap kerja dan memandang kerja yang dilakukan asal berbuat saja.

Agar tujuan pendidikan dan pelatihan dapat tercapai, yakni meningkatkan pengetahuan, keahlian dan keterampilan, khususnya di lingkungan Dinas Pendidikan Kabupaten Sinjai, pegawai yang pernah mengikuti pendidikan dan pelatihan tersebut harus dapat bekerja secara optimal mengaplikasikan kemampuannya meliputi pengetahuan, keterampilan dan sikap guna meningkatkan kualitas kerjanya dan sekaligus merupakan salah satu aspek motivator bagi pegawai yang bersangkutan sebab pegawai yang mempunyai motivasi terdorong untuk menjadi dinamis, kreatif, inovatif serta terbuka dan tanggap terhadap gagasangagasan baru dan perubahan-perubahan.

Namun kenyataannya dilihat dari aktivitas pegawai yang ada, ditemui adanya kejenuhan pegawai dalam melaksanakan pekerjaan, menurunya semangat dan gairah kerja, kurangnya kreativitas pegawai atas dampak perkembangan teknologi dan pengetahuan yang relevan dengan pekerjaan, tidak disiplinnya pegawai dan seringnya terjadi kesalahan yang diperbuat dalam melaksanakan tugas, semua itu berimplikasi pada kualitas pegawai. Masalah-masalah ini semakin tampak terlihat ketika diberlakukannya otonomi daerah, banyak tenaga guru SLTP dan SMU yang dimutasikan menjadi tenaga administrasi pada kantor Dinas Pendidikan Kabupaten Sinjai sehingga pegawai bekerja bukan berdasarkan pada job description yang ada, padahal tugas seorang guru berbeda dengan tugas tenaga administrasi.

Berdasarkan uraian yang dikemukakan di atas, penulis merasa tertarik untuk mengkaji secara empirik dengan mengangkat judul Studi tentang Pendidikan dan Pelatihan di Kantor Dinas Pendidikan Kabupaten Sinjai.


Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Toko belanja online menyajikan model yang unik dan berkarakter, lebih mudah memilih, menemukan, dan memiliki model favorite Anda. http://www.usrotun-store.com

Masukkan alamat email Anda untuk berlangganan melalui email.

Join 7,827 other followers

DATAstudi Information

Recent Posts

%d bloggers like this: