DATAstudi Information

Home » Download » Peranan Kepala Sekolah dalam Mengefektifkan Proses Belajar Mengajar

Peranan Kepala Sekolah dalam Mengefektifkan Proses Belajar Mengajar

Oleh: ALIMIN

Di dalam Ketetapan MPR No. IV/MPR/1999 tentang Garis-garis Besar Haluan Negara disebutkan bahwa pembangunan nasional merupakan usaha peningkatan kualitas manusia, dan masyarakat Indonesia yang dilakukan secara berkelanjutan, berlandaskan kemampuan nasional, dengan memanfaatkan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi serta memperhatikan tantangan perkembangan global.

Pada saat ini dunia pendidikan diperhadapkan pada tantangan yang berat, yaitu masalah kualitas-kualitas pendidikan. Masalah ini bersifat penting dan mendesak untuk dipecahkan, karena menyangkut kepentingan dan harapan masyarakat banyak. Semua orang menginginkan kualitas lulusan yang handal yang dapat memecahkan masalah kehidupan. Harapan masyarakat tersebut harus disikapi dengan sungguh-sungguh oleh pihak yang terlibat dalam pelaksanaan pendidikan.

Hal tersebut mengisyaratkan perlunya kepala sekolah sebagai pemimpin memiliki kemampuan untuk menggerakkan komponen yang ada di sekolah yang dipimpinnya dalam upaya peningkatan kualitas pendidikan.

Salah satu indikator peningkatan kualitas pendidikan adalah pelaksanaan proses belajar mengajar berlangsung secara efektif. Oleh karena itu, kepala sekolah dalam menjalankan tugas dan tanggung jawabnya dituntut untuk memahami karakteristik bawahannya, dan memahami fenomena yang terjadi di lingkungannya, sehingga mampu meningkatkan serangkaian hubungan kerja sebagai upaya pencapaian tujuan.

Untuk mewujudkan efektivitas proses belajar mengajar bukanlah hal yang mudah, sebab kepala sekolah sebagai pimpinan terkadang menghadapi berbagai masalah di antaranya, kurangnya kerjasama antara unsur-unsur yang ada pada sekolah yang bersangkutan dalam menyatukan visi dan misi guna pencapaian tujuan pendidikan.

Oleh karena itu, dalam rangka meningkatkan efektivitas proses belajar mengajar, sangat diperlukan peranan kepala sekolah baik sebagai administrator maupun sebagai supervisor pendidikan dalam mengkoordinir dan mengarahkan segala sumberdaya yang ada untuk secara bersama-sama mewujudkan cita-cita maupun tujuan pendidikan itu sendiri. Untuk itu, keberadaan kepala sekolah khususnya di SMU Negeri 10 Makassar sangat menentukan dalam kegiatan proses belajar mengajar.

Berdasarkan uraian di atas, penulis termotivasi untuk mengkaji secara empiris mengenai peranan kepala sekolah dalam kaitannya dengan mengefektifkan proses belajar mengajar di SMU Negeri 10 Makassar.


1 Comment

  1. A.J.I says:

    betul sekali kalau kelapas sekolah harusnya ga cuma duduk di belakang meja

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Toko belanja online menyajikan model yang unik dan berkarakter, lebih mudah memilih, menemukan, dan memiliki model favorite Anda. http://www.usrotun-store.com

Masukkan alamat email Anda untuk berlangganan melalui email.

Join 7,827 other followers

DATAstudi Information

Recent Posts

%d bloggers like this: