DATAstudi Information

Home » Agama » Peranan Pesantren Istiqamah Yaminas dalam Pembinaan Aqidah Islam

Peranan Pesantren Istiqamah Yaminas dalam Pembinaan Aqidah Islam

Oleh: HARDANA

Agama Islam adalah satu-satunya agama yang mengajar manusia dalam segala lapangan hidup dan kehidupannya. Salah satu aspek ajaran Islam yang paling mendasar adalah aqidah,  semua peraturan-peraturan dan hukum-hukum yang dijalankan oleh manusia  harus tercermin terhadap aqidah Islam. Karena ia  merupakan penentu dalam kehidupan manusia di dunia ini.

Aqidah meliputi semua persoalan keimanan, persoalan tersebut harus dipercayai dan diyakini oleh setiap muslim dan mukmin, termasuk rukun iman. Adapun syari’ah meliputi peraturan Allah yang mengatur hubungan antara manusia dengan manusia, baik muslim mau pun non muslim serta alam sekitarnya.

Untuk menumbuhkan aqidah, baik dalam diri seseorang maupun dalam kehidupan masyarakat. Maka haruslah mengetahui apa yang memerlukan penjelasan, yaitu sesuatu yang mendorong manusia untuk mengetahui apa yang diberikan padanya, tanggapan-tanggapan yang timbul yang belum diketahui.

Aqidah adalah merupakan spirit dan pendorong untuk beramal shaleh.  Hal ini sesuai dengan kandungan  Alquran  surah al-Baqarah (2); 177 yang berbunyi:

لَيْسَ الْبِرَّ أَنْ تُوَلُّوا وُجُوهَكُمْ قِبَلَ الْمَشْرِقِ وَالْمَغْرِبِ وَلَكِنَّ الْبِرَّ مَنْ ءَامَنَ بِاللَّهِ وَالْيَوْمِ الْآخِرِ وَالْمَلَائِكَةِ وَالْكِتَابِ وَالنَّبِيِّينَ وَءَاتَى الْمَالَ عَلَى حُبِّهِ ذَوِي الْقُرْبَى وَالْيَتَامَى وَالْمَسَاكِينَ وَابْنَ السَّبِيلِ وَالسَّائِلِينَ وَفِي الرِّقَابِ وَأَقَامَ الصَّلَاةَ وَءَاتَى الزَّكَاةَ وَالْمُوفُونَ بِعَهْدِهِمْ إِذَا عَاهَدُوا وَالصَّابِرِينَ فِي الْبَأْسَاءِ وَالضَّرَّاءِ وَحِينَ الْبَأْسِ أُولَئِكَ الَّذِينَ صَدَقُوا وَأُولَئِكَ هُمُ الْمُتَّقُونَ.

Terjemahnya:

“Bukanlah menghadapkan wajahmu kearah timur dan barat itu suatu kebajikan, akan tetapi sesungguhnya kebajikan itu ialah beriman kepada Allah, hari kemudian, malaikat-malaikat, kitab-kitab, nabi-nabi dan memberikan harta yang dicintainya kepada kerabatnya, orang-orang  yatim orang-orang  miskin, musafir (yang memerlukan pertolongan ) dan orang-orang  yang meminta; dan (memerdekakan) hamba sahaya,  mendirikan shalat, dan menunaikan zakat;  dan orang-orang yang menunaikan zakat ; dan orang-orang yang menepati janjinya apabila ia berjanji,  dan orang-orang  yang benar  (imannya); dan mereka  itulah  orang-orang  yang bertaqwa.”

Dari ayat tersebut di atas, jelaslah bahwa orang yang benar dan bertakwa adalah, orang yang senantiasa menanamkan kebaikan dan keyakinan dalam dirinya. Untuk kebaikan dan kemaslahatannya.

Aqidah adalah ruh setiap orang , dengan berpegang teguh kepadanya, maka manusia akan hidup dalam keadaan baik dan menggembirakan. Aqidah merupakan makanan rohani yang diperlukan jiwa, seperti halnya badan memerlukan makanan. Namun jiwa ( hati) adalah wadah yang dengan mudah merasuk ke dalamnya aqidah yang salah, tampa disadari karena sudah dicampuri secara keseluruhan  oleh pemikiran-pemikiran yang diada–adakan oleh manusia. Bahkan ada yang dinodai oleh sekumpulan pendapat yang tidak mencerminkan keyakinan yang murni. Sehingga aqidah yang pada masa kepemimpinan Rasulullah saw sudah tercemar. Ajaran keimanan yang sudah berubah itu akhirnya tidak lagi mencerminkan keimanan yang dengannya  jiwa mendapat suci amal perbuatan menjadi mulia yang baik ataupun yang dapat memberikan semangat gerak pada perorangan yang dapat memberikan daya hidup pada umat dan bangsa.

Sebagai umat Islam berkewajiban untuk menanamkan dan membina aqidah kedalam hati dan jiwanya dengan menempuh jalan yang dilandasi dengan pendidikan Islam yang murni sehingga dapat memberikan konstribusi keimanan yang mengacu kepada kesejahteraan hidup dan kehidupan yang baik di dunia maupun di akhirat.

Pesantren Istiqamah Yaminas adalah merupakan salah satu wadah dan pendidikan yang sangat vital dan esensial didalam membina aqidah Islam. Demikian halnya pesantren istiqamah yaminas sebagai obyek riset penulis.

Keberadaan pesantren Istiqamah Yaminas ditengah-tengah masyarakat, khususnya masyarakat Salu Makarra mempunyai fungsi yang utama sebagai lembaga pendidikan yang sama derajatnya dengan sekolah tingkat pertama lainnya. Pesantren Istiqamah Yaminas mempunyai andil yang besar dan  patut dihargai dengan mengemban dua amanat pembangunan pada bidang agama, utamanya membina dan mendidik umat serta menegakkan cita-cita agama Islam yang murni dengan maksud dan tujuan agar umat Islam menjadi umat yang mampu berbuat baik demi tercapainya cita-cita agama dan bangsa.


Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Toko belanja online menyajikan model yang unik dan berkarakter, lebih mudah memilih, menemukan, dan memiliki model favorite Anda. http://www.usrotun-store.com

Masukkan alamat email Anda untuk berlangganan melalui email.

Join 7,827 other followers

DATAstudi Information

Recent Posts

%d bloggers like this: