DATAstudi Information

Home » Administrasi » Meningkatkan Keaktifan Siswa dalam Pembelajaran Matematika Melalui Metode Penemuan

Meningkatkan Keaktifan Siswa dalam Pembelajaran Matematika Melalui Metode Penemuan

Oleh: HIKMAWATI

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, bukan ditentukan oleh potensi sumber daya alam saja, tetapi juga sumber daya manusia yang memegang peran penting. Oleh karena itu, peningkatan sumber daya manusia diupayakan melalui pendidikan.

Dari uraian di atas, jelas bahwa pendidikan diletakkan pada posisi yang sangat penting. Pendidikan diberi arti sebagai proses yang terus menerus seumur hidup, berlangsung dimana dan kapan saja, serta tidak terikat kepada kelompok tertentu. Lebih-lebih pada saat sekarang, baik fisik maupun mental, peranan pendidikan sangat mendasar. Sejalan dengan itu dikembangkan iklim belajar mengajar yang dapat menumbuhkan rasa percaya diri sendiri serta sikap dan prilaku yang inovatif dan kreatif. Dengan demikian, pendidikan Nasional akan mampu mewujudkan manusia-manusia pembangun yang membangun dirinya serta sama-sama bertanggung jawab atas pembangunan bangsa.

Dalam mewujudkan tujuan pendidikan nasional tersebut, pemerintah telah banyak melakukan berbagai upaya baik mengenai pembaharuan kurikulum dan proses belajar mengajar, peningkatan kualitas guru, pengadaan buku pelajaran dan sarana belajar, penyempurnaan sistem penilaian, penataan organisasi dan menejmen pendidikan serta usaha-usaha lain yang berkaiatan dengan kualitas pendidikan.

Sebagai peningkatan kualitas pendidikan, matematika sebagai salah satu mata pelajaran dasar pada setiap jenjang pendidikan formal yang memegang peran penting. Matematika dapat membantu sisiwa berfikir ilmiah, logis dan kritis.

Di samping itu, matematika merupakan pengetahuan dasar yang di perlukan oleh peserta didik untuk menunjang keberhasilan belajarnya dalam menempuh pendidikan yang lebih tinggi.

Mengingat pentingnya peranan matematika, maka pelajaran matematika di berbagai jenjang pendidikan formal perlu mendapat perhatian yang sungguh-sungguh terutama dalam menentukan strategi belajar mengajar yang tetap, seperti pengalokasian waktu dan metode pengajaran yang diharapkan dalam materi pelajaran tersebut; keaneka ragaman karakteristik materi pelajaran memerlukan adanya variasi metode pengajaran. Seperti yang dikemukakn Roestiyah sebagai berikut:

Setiap jenis metode penyajian harus sesuai atau dapat mencapai tujuan tertentu. Jadi untuk tujuan yang berbeda guru harus menggunakan teknik penyajian beberapa tujuan, ia harus mampu menggunakan beberaopa teknik pengajian sekaligus untuk mencapai tujuan tersebut.

Oleh karena itu, selain seorang guru yang telah menguasai bahan pelajaran juga dituntuk dapat mengetahui beberapa macam metode mengajar dan strategi penyajian bahan pelajaran. Sebab peranan guru bukan hanya semata-mata sebagai pencetak kepriabadian, mengepor pengetahuan dengan kata-kata atau mendemonstrasikan bahan pelajaran atau tingkah laku yang harus ditiru oleh siswa, tetapi lebih dari itu seorang guru dituntut sebagai pengatur situasi belajar, sebagai peserta atau perantara dalam kegiatan proses belajar mengajar.

Sebagai konsekuensinya adalah titik berat proses belajar mengajar harus berpindah dari guru kepda siswa, ini menyangkut keaktifan siswa dalam belajar. tugas guru dalam hal ini adalah menciptakan iklim dan suasana yang memungkinkan siswa dapat belajar dengan baik dan efesien.

Berdasarkan fakta di lapangan, ditemukan bahwa pada umumnya siswa kurang memberi respon yang positif terhadap matematika, sehingga pada akhirnya menimbulkan kesulitan belajar dalam pelajaran matematika. Di samping itu, penomena yang sering diperlihatkan oleh siswa dalam kegiatan belajar mengajar matematika yaitu siswa kurang mampu melibatkan diri secara aktif dalam proses belajar mengajar, walaupun ada satu dua orang yang aktif dalam proses belajar mengajar dan siswa cepat melupakan materi pelajaran meskipun materi tersebut baru saja di ajarkan. Hal ini mengakibatkan materi selanjutnya sulit untuk dipahami siswa, selain dari pengalaman pribadi, guru-guru matematika di sana pun sering menceritakan hal yang demikian dengan hasil observasi penulis.

Timbulnya kondisi di atas, kemungkinan diakibatkan kondisi proses belajar mengajar yang selama ini mereka rasakan yakni strategi pembelajaran yang diterapkan guru cenderung monoton dan bersifat “menyelesaikan materi” sehingga materi yang diterima siswa kurang bermakna dan tidak mampu mengendap dalam memori siswa. Kelemahan lain dari kondisi belajar mengajar yang dialami siswa selama ini adalah siswa di tempatkan sebagai peserta didik yang sifatnya fasif, sehingga potensi-potensi yang dimiliki siswa sulit dikembangkan yang pada akhirnya siswa kurang memperlihatkan keaktifan dalam proses balajar mengajar.

Oleh karena itu, dalam proses belajar matematika guru harus memperlihatkan agar siswa belajar aktif, gembira, mengerti serta aktif, efektif dan efesien, sebab belajar aktif dapat menyebakan ingatan mengenal pelajaran tahan lama dan pengetahuan meluas serta dapat menemukan prinsip-prinsip matematika untuk diri mereka sendiri.

Metode belajar yang dapat digunakan untuk mengaktifkan siswa dalam belajar matematika adalah penerapan metode penemuan, sebab metode penemuan merupakan komponen dari praktek pendidikan yang meliputi metode belajar yang memajukan cara belajar aktif, berorientasi pada proses, mengarahkan sendiri, mencari sendiri dan reflektif. Dengan proses penemuan sendiri, siswa tidak hanya menghafal tetapi memahami, mengingat dan mengaplikasikan materi yang telah dipelajarinya.


Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Toko belanja online menyajikan model yang unik dan berkarakter, lebih mudah memilih, menemukan, dan memiliki model favorite Anda. http://www.usrotun-store.com

Masukkan alamat email Anda untuk berlangganan melalui email.

Join 7,827 other followers

DATAstudi Information

Recent Posts

%d bloggers like this: