DATAstudi Information

Home » Agama » Bagaimana Pengajaran Preposisi Bahasa Arab

Bagaimana Pengajaran Preposisi Bahasa Arab

Oleh: AGUS

Bahasa Arab merupakan salah satu bahasa mayor di dunia yang dituturkan oleh lebih dari 200.000.000 umat manusia. Bahasa Arab merupakan bahasa resmi 20 negara. Dan karena ia merupakan bahasa kitab suci dan tuntunan agama umat Islam sedunia, maka tentu ia merupakan bahasa yang paling besar signifikansinya bagi ratusan juta Muslim sedunia, apakah ia berkebangsaan Arab atau bukan bahkan akhir-akhir ini merupakan bahasa yang peminatnya cukup besar di barat. Di Amerika misalnya, tidak satupun perguruan tinggi yang tidak menjadikan bahasa Arab sebagai salah satu mata kuliah, termasuk perguruan tinggi Katolik atau Kristen, misalnya Harvard University sebuah perguruan tinggi swasta yang paling terpandang di dunia yang didirikan Ulama Protestan, dan Georgetown University, sebuah universitas swasta Katolik mempunyai pusat study Arab yang bernama Center For Contemporary Arab Studies.

Al-Najjar mengungkapkan bahwa bahasa Arab merupakan bahasa yang terluas dan terkaya kandungannya, deskripsi dan peranannya sangat mendetail  dalam statemennya sebagai berikut:

اَللّغَة العربية من او سع اللغات  اغناهما وادقها تصويرا.

Sementara Abdul Hamid bin Yahya menyebutkan bahwa aku  berkata, “Pelajarilah bahasa Arab karena bahasa Arab itu akan menambah ketajaman (daya nalar) atau dalam bahasa aslinya dikatakan:

تعلموا العربية فإنـها تزيد فى العقل.

Selanjutnya Dia menulis bahwa Amir Al-Mukminin Umar bin Al-Khattab r.a. berkata:

أحرصوا على تعلم اللغة العر بية فأنـها جزء من دينكم.

“Hendaklah kamu sekalian tamak (keranjingan) mempelajari bahasa Arab karena bahasa Arab itu merupakan bahagian dari agamamu”.

Kedudukan dan keistimewaan yang dimiliki oleh bahasa Arab di antara bahasa-bahasa  lain  di dunia dikarenakan dia berfungsi sebagai bahasa Alquran dan Hadits serta kitab-kitab agama Islam lainnya. Berdasarkan itulah, maka orang yang hendak memahami hukum-hukum (ajaran) agama Islam dengan baik haruslah berusaha mempelajari bahasa Arab. Bahasa-bahasa lain, termasuk bahasa Indonesia tidak dapat diandalkan untuk memberikan kepastian arti yang tersurat dan tersirat dari makna yang terkandung dalam Alquran.

Mengingat fungsi dan keutamaan bahasa Arab seperti dikemukakan oleh para ahli di atas maka sepantasnyalah dilakukan penelitian secara mendalam mengenai bahasa tersebut, baik fonologi, morpologi, maupun sintaksisnya, apakah dengan pendekatan linguistik ataukah pengajarannya.

Dengan demikian, dari penelitian-penelitian yang telah penulis sebutkan di atas, tergambar begitu kurangnya penelitian-penelitian mengenai pengajaran bahasa Arab. Oleh karena itu, dalam penelitian ini penulis membahas mengenai pengajaran preposisi bahasa Arab dengan menggunakan analisis teori pengajaran Transpormasional Generatif (TGT).


Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Toko belanja online menyajikan model yang unik dan berkarakter, lebih mudah memilih, menemukan, dan memiliki model favorite Anda. http://www.usrotun-store.com

Masukkan alamat email Anda untuk berlangganan melalui email.

Join 7,827 other followers

DATAstudi Information

Recent Posts

%d bloggers like this: