DATAstudi Information

Home » Uncategorized » Pelatihan HAJI siap KERJA sehingga Melayani dengan IKHLAS dan RAMAH serta Paspor Haji BEBAS PUNGUTAN

Pelatihan HAJI siap KERJA sehingga Melayani dengan IKHLAS dan RAMAH serta Paspor Haji BEBAS PUNGUTAN

Menag: Layani Jamaah Haji Dengan Ikhlas dan Ramah

Foto

Jakarta, 6/8 (Pinmas)- Menteri Agama Muhammad Maftuh Basyuni mengingatkan petugas yang tergabung dalam Panitia Penyelenggaraan Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi untuk melayani jamaah haji secara maksimal dengan ikhlas dan ramah. Tidak mencari-cari uang tambahan dari siapa pun.

“Karena honor petugas sudah meningkat, diharamkan cari-cari tambahan,” tandas Maftuh saat membuka pelatihan petugas PPIH Arab Saudi 1430 H/2009, di Asrama Haji Pondok Gede Jakarta Timur, Rabu (5/8) malam, yang juga dihadiri Dirjen Penyelenggara Haji dan Umrah Slamet Ryanto.

Menag mengatakan, dengan perbaikan kinerja pelayanan haji diharapkan dapat membangun citra Departemen Agama yang lebih baik. Karena itu pelayanan prima perlu didukung petugas haji yang kompeten.

Menurut Menag, kegiatan pelatihan petugas sangat penting bagi penyelenggaraan haji sebagai rangkaian yang beragam dalam rentang waktu yang panjang, apalagi dengan banyak uang. Untuk itu perlu sebuah manajemen yang baik. “Sesama petugas tidak boleh mengklaim lebih baik dari yang lain,” pesannya.

Pelatihan ini akan berlangsung selama 10 hari mulai Rabu (5/8)i hingga 14 Agustus 2009 mendatang, menurut Direktur Pembinaan Haji Ahmad Kartono diikuti 836 petugas, meliputi bagian umum/bimbingan ibadah 445 orang, kesehatan 206 orang, pengamanan 30 orang, media center haji 27 orang dan pramuka 20 orang. Petugas PPIH ini akan di tempatkan di tiga daerah kerja (daker) di Arab Saudi, Jeddah, Mekkah dan Madinah.

Menag menambahkan, dalam rangka memberikan pelayanan terhadap jemaah haji yang makin baik, pada musim haji tahun ini, telah dilakukan perekrutan dari unsur Ormas Islam, Pondok Pesantren dan Perguruan Tinggi Islam Swasta sebagai petugas haji kloter dalam rangka memenuhi kebutuhan pelayanan jemaah haji di tiap kloter.

“Petugas hendaknya bekerjasama dengan semua unsur terkait, serta jaga nama baik bangsa,” pesan Menag kembali. (ks)

Paspor Haji Bebas Pungutan

Semarang, 6/8 (Pinmas)–Para calon jamaah haji (calhaj) asal Jateng non haji khusus diminta mewaspadai pungutan biaya pembuatan paspor hijau. Pasalnya, pemerintah telah menetapkan biaya pengurusan paspor ini dibiayai oleh Departemen Agama (Depag).

“Bagi calhaj yang dikenai pungutan dalam pembuatan paspor hijau diminta melaporkan ke kantor Depag di wilayah masing-masing,” ujar Kepala Seksi Perjalanan dan Sarana Haji Kantor Depag Jateng, Maksum, di Semarang.

Untuk mensosialisasikan ini, jelasnya, seluruh kepala kantor depag kabupaten/kota telah mendapat surat pemberitahuan. Isinya, Depag telah melarang adanya pungutan dalam pembuatan paspor hijau ini.

Depag Jateng juga sudah menyampaikan itu di tingkat Depag kabupaten/kota agar berkoordinasi dengan kantor imigrasi.

Dalam dalam peraturan bersama Menag dan Menkumham juga menyebutkan bahwa biaya penerbitan paspor biasa bagi jemaah calon haji dan petugas haji 2009 menjadi tanggungjawab Depag atas beban dana biaya penyelenggaraan ibadah haji (BPIH).

Selain itu juga secara jelas disebutkan bahwa pelayanan paspor biasa bagi jemaah calon haji dilakukan di kantor imigrasi yang wilayah kerjanya meliputi domisili calon jemaah haji atau di kantor imigrasi terdekat.

Penyelesaian penerbitan paspor, paling lama akan membutuhkan waktu dua hari setelah pengembalian foto dan sidik jari pemohon paspor yang bersangkutan.

“Sebaliknya, Depag juga mengimbau agar para calhaj juga tidak menggunakan jasa dari pihak-pihak lain dalam pengurusan paspor. Hal ini juga dimaksudkan untuk menghindari adanya pungutan,” ujar Maksum.

Sementara itu, di Jateng saat ini terdapat tujuh kantor imigrasi. Masing- masing di Semarang, Surakarta, Wonosobo, Pati, Cilacap, serta kantor imigrasi Pemalang.

“Karena satu kantor imigrasi membawahi beberapa daerah, maka dilakukan penjadwalan pembuatan/ penerbitan paspor agar tidak terjadi penumpukan calhaj,” terangnya.(rep/ts)

Imigrasi Makassar Siap Melembur Paspor Haji

Makassar,6/8 (Pinmas)–Bagian pengurusan paspor di kantor Imigrasi Makassar menyatakan siap melayani jamaah calon haji yang akan mengurus paspor. “Kami siap lembur, bahkan hari Sabtu-Minggu, pembuatan paspor tetap kami layani,“ ujar AA Jafar, Kasubsi Penelaahan Status Keimigrasian kantor Imigrasi Makassar.

Jafar mengatakan, hingga saat ini pengurusan paspor untuk jamaah haji baru sampai pada tahap proses kelengkapan berkas. Belum satupun jamaah yang sudah melakukan foto untuk paspor.

Menurut dia, saat pembuatan foto tersebut, jamaah harus langsung berada di kantor Imigrasi Makassar dan tidak bisa diwakili. Jika proses pengambilan foto sudah dilakukan, dua hari setelah itu, paspor bisa diambil.

Kantor imigrasi Makassar dipersiapkan melayani sekitar 4.000 jamaah calon haji. Selebihnya akan dilayani di kantor Imigrasi Pare-pare dan sebagian lagi di Mamuju, Sulawesi Barat. Jumlah jamaah calon haji Sulsel sendiri tahun ini mencapai 6.831 orang.

Guna mempercepat proses pembuatan paspor, menurut Jafar, sudah ada satu unit peralatan tambahan yang akan dipakai di kantor Imigrasi Makassar. Jafar mengatakan, dalam kondisi normal, penyelesaian paspor bisa dilakukan 100 lembar per hari. “Dengan adanya satu tambahan alat, berarti untuk ukuran normal, kita bisa selesaikan 200 paspor,” katanya.
“Tapi kita siap lembur, bahkan jika ada jamaah yang baru tiba pukul 10 malam, tentu kami tidak bisa menolaknya, karena mereka jauh-jauh datang dari daerah,“ ujarnya.

Menurut Jafar, proses pemotretan untuk keperluan paspor di kantor Imigrasi Makassar akan meliputi wilayah seperti Pangkep, Maros, Makassar, Gowa, Takalar, Jeneponto, Bulukumba, Selayar, Bone. Sementara kantor Imigrasi Pare-Pare akan melayani jamaah yang berasal dari kabupaten Barru, Pinrang, Luwu Utara, Luwu Timur, Toraja. “Semua wilayah tersebut dikoordinir oleh masing-masing Depag, kami tinggal melaksanakan,“ ujarnya.

Humas Departemen Agama, Sulsel M Nasir mengatakan, proses pembuatan paspor seluruh jamaah haji Sulsel ditargetkan akan rampung paling lambat akhir September. Proses pemotretan untuk paspor, menurutnya, sudah bisa dilakukan mulai pekan depan.

Mekanismenya, daerah mana yang sudah tiba dan sudah lengkap, dipersilahkan langsung ke Imigrasi untuk berfoto. “Kita tidak memberlakukan sistem penjadwalan untuk tiap daerah, jangan sampai daerah lain menghalangi daerah yang sudah rampung. Jadi siapa yang sudah rampung dan sudah siap, silahkan langsung ke Imigrasi,“ jelasnya.(rep/ts)

Menag Buka Pelatihan Petugas Haji

Jakarta, 6/8 (Pinmas)–Pemerintah mulai mempersiapkan pelaksanaan ibadah haji 1430 H/ 2009 M yang akan diikuti ratusan ribu umat muslim Indonesia. Departemen Agama (Depag) melatih sekitar 836 petugas Panitia Penyelenggaraan Ibadah Haji (PPIH) yang akan mengurus segala keperluan jamaah haji Indonesia di Arab Saudi.

“Perlu kerjasama dan koordinasi dengan berbagai pihak agar output penyelenggaraan haji bisa lebih baik,” kata Menteri Agama (Menag) Muhammad Maftuh Basyuni. saat membuka pelatihan petugas PPIH Arab Saudi 1430 H, di Asrama Haji Pondok Gede Jakarta Timur, Rabu (5/8) malam.

Maftuh berharap dengan digelarnya pelatihan ini, kepercayaan masyarakat terhadap pemerintah terutama terkait pelaksanaan ibadah haji terus meningkat.”Dengan adanya perbaikan pelaksanaan ibadah haji ini diharapkan akan meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap pemerintah,” jelas Maftuh.

Pelatihan ini akan berlangsung selama 10 hari mulai Rabu (5/8) hingga 14 Agustus 2009 mendatang. Petugas PPIH akan di tempatkan di tiga daerah kerja (daker) di Arab Saudi, Jeddah, Mekkah dan Madinah. (dtk/ts)

sumber: http://www.depag.go.id/index.php?a=detilberita&id=4281http://www.depag.go.id/index.php?a=detilberita&id=4280 | http://www.depag.go.id/index.php?a=detilberita&id=4277 | http://www.depag.go.id/index.php?a=detilberita&id=4278 (diakses: 6 Agustus 2009)


2 Comments

  1. […] Pelatihan HAJI siap KERJA sehingga Melayani dengan IKHLAS dan RAMAH serta Paspor Haji BEBAS PUNGUTAN… Tips-tips HAJI Tim Pemantau DPR Mengapresiasi dan Mengkritisi Pondokan Haji […]

  2. 手機外殼 says:

    手機外殼

    Magnificent beat ! I’d like to apprentice while you amend your website, how could i subscribe for a blog website? The account helped me a acceptable deal. I had been a little bit acquainted of this your broadcast provided bright clear concept

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Toko belanja online menyajikan model yang unik dan berkarakter, lebih mudah memilih, menemukan, dan memiliki model favorite Anda. http://www.usrotun-store.com

Masukkan alamat email Anda untuk berlangganan melalui email.

Join 7,827 other followers

DATAstudi Information

Recent Posts

%d bloggers like this: