DATAstudi Information

Home » Uncategorized » DEPAG Bangun 300 KUA dan Tak Benar Lulusan PTIN Sulit Dapat Kerja

DEPAG Bangun 300 KUA dan Tak Benar Lulusan PTIN Sulit Dapat Kerja

Depag Tahun 2009 Bangun 300 KUA di Indonesia

Mataram, 5/8 (Pinmas)–Departemen Agama tahun 2009 segera membangun sekitar 300 Kantor Urusan Agama (KUA) di seluruh Indonesia termasuk di Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB).

“Pembangunan KUA tersebut sebagai upaya meningkatkan pelayanan kepada masyarakat baik di kota maupun daerah terpencil,” kata Sekjen Depag, Dr. Bahrul Hayat kepada wartawan seusai peresmian kampus baru IAIN Mataram, di Mataram, Rabu.

Dengan adanya KUA-KUA baru di berbagai daerah tersebut, maka lulusan IAIN terutama dari Fakultas Syariah dapat ditampung yang jumlahnya kini mencapai ribuan orang.

Bahrul mengatakan, penambahan KUA di berbagai daerah sebagai akibat semakin banyaknya jumlah kecamatan yang dikembangkan oleh kabupaten dan kota di seluruh Indonesia.

Misalnya di Kota Mataram, NTB saja tercatat ada tiga kecamatan yang dikembangkan sehingga jumlah kecamatan di Kota Mataram menjadi enam kecamatan dari sebelumnya hanya tiga kecamatan.

Tiga kecamatan di Kota Mataram, hingga kini belum memiliki Kantor Urusan Agama (KUA), sehingga harus bergabung dengan KUA yang sudah ada.

“Ketiga kecamatan yang belum memiliki KUA tersebut, yakni Kecamatan Selaparang dan bergabung dengan KUA Mataram, Sadubaya bergabung dengan KUA Cakranegara dan Kecamatan Sekarbele bergabung dengan KUA Ampenan,” katanya.

Sebelumnya, Kepala Kantor Departemen Agama Kota Mataram, Drs.H. Husnan Ahmadi mengatakan, tiga kecamatan yang belum memiliki KUA tersebut merupakan kecamatan pengembangan dan telah diusulkan kepada Departemen Agama untuk segera dibangun KUA di masing-masing kecamatan.

Keberadaan KUA di masing-masing kecamatan sangat dibutuhkan, apalagi angka perkawinan di daerah ini cukup tinggi yang rata-rata mencapai puluhan per hari.

Pemerintah secara terus menerus memberikan penyuluhan agar perkawinan dilakukan pada usia 25 tahun bagi laki-laki dan perempuan usia 20 tahun, namun masih ada juga yang kawin pada usia dini yakni belasan tahun.

Dengan tingginya angka perkawinan tersebut beberapa tahun terakhir di sejumlah KUA kecamatan kehabisan Buku Nikah, sehingga mendapat protes dari masyarakat, dan ini menunjukkan juga tingginya angka perkawinan.

“Namun pihaknya telah meminta kepada pusat untuk segera mendistribusikan buku nikah, guna memenuhi permintaan masyarakat di sejumlah KUA di daerah ini,” jelasnya. (ant/ts)

Sekjen Depag: Tak Benar Lulusan PTIN Sulit Dapat Kerja

Foto

Mataram, 5/8 (Pinmas)– Sekjen Departemen Agama (Depag) Dr.Bahrul Hayat mengatakan, anggapan sementara orang yang menyatakan lulusan Perguruan Tinggi Islam Negeri (PTIN) terutama lulusan Fakultas Syariah dan Dakwah sulit dapat pekerjaan adalah tidak benar.

“Lulusan Fakultas Syariah dan Dakwah kini bertebaran dimana-mana baik sebagai dosen maupun hakim diberbagai Pengadilan Agama maupun Pengadilan Tinggi Agama,” katanya kepada wartawan di Mataram, Rabu.

Ketika menghadiri peresmian kampus baru IAIN Mataram, Nusa Tenggara Barat (NTB) beliau menjelaskan, apapun alasannya pihaknya tetap akan membuka Fakultas Syariah dan Dakwah karena masih dibutuhkan.

Dikatakan, Fakultas Syariah dan Dakwah dibuka semata-mata untuk meningkatkan SDM, bukan semata-mata untuk mendapatkan pekerjaan. Kalau sudah tamat belajar dan banyak ilmu pekerjaan akan datang dengan sendiri.

“Tahun 2009 Depag akan membangun sekitar 300 Kantor Urusan Agama (KUA) diberbagai provinsi di Indonesia termasuk NTB, dan yang akan mengisi KUA tersebut tidak lain adalah tamatan Fakultas Syariah,” jelasnya.

Sebelumnya, Wakil Gubernur NTB pada acara pertemuan Forum Dekan Syariah dan Dakwah di Senggigi, Lombok Barat mengatakan, lulusan fakultas Syariah dan Dakwah masih sulit untuk menembus dunia kerja atau lapangan pekerjaan yang ada saat ini.

“Hal ini mengakibatkan kurangnya minat masyarakat terhadap kedua fakultas tersebut,” katanya.

Dikatakan, pendidikan merupakan bagian penting dalam proses pembangunan, khususnya pembangunan SDM dan karakter bangsa. Dalam kerangka ini, kegagalan mengelola pendidikan jelas akan berdampak buruk bagi kondisi bangsa. (ant/ts)

sumber:http://www.depag.go.id/index.php?a=detilberita&id=4276 dan http://www.depag.go.id/index.php?a=detilberita&id=4276 (diakses: 6 Agustus 2009)


1 Comment

  1. AKfour seven says:

    I stand here today humbled by the task before dofus kamas, grateful for the trust you have bestowed, mindful of the sacrifices borne by our cheap dofus kamas. I thank President dofus power leveling for his service to buy dofus kamas, as well as the generosity and cooperation he has shown throughout this transition.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Toko belanja online menyajikan model yang unik dan berkarakter, lebih mudah memilih, menemukan, dan memiliki model favorite Anda. http://www.usrotun-store.com

Masukkan alamat email Anda untuk berlangganan melalui email.

Join 7,827 other followers

DATAstudi Information

Recent Posts

%d bloggers like this: