DATAstudi Information

Home » Analisis » PAUD Tentukan Kualitas Pendidikan di Masa Depan

PAUD Tentukan Kualitas Pendidikan di Masa Depan

“Kemajuan pendidikan di masa depan sangat ditentukan oleh kualitas pendidikan anak usia dini (PAUD). Karena itu, kalau ingin mengubah wajah pendidikan Indonesia ke depan yang harus ditangani lebih dahulu adalah anak-anak usia dini. Sebab, pendidikan anak usia dini adalah basis pendidikan pertama dan basis pendidikan yang utama.”

Penegasan Dirjen Pendidikan Nonformal dan Informal Departemen Pendidikan Nasional (Depdiknas) Hamid Muhammad itu dikemukakan ketika menerima audiensi 20 pendidik PAUD, pengelola PAUD dan pengurus Himpu­nan Pendidik Anak Usia Dini (Himpaudi) asal Provinsi Papua, peserta magang di Jawa Barat, Jawa Tengah dan DI Yog­yakarta, pertengahan Desember lalu.

“Melalui anak usia dini tersebut bisa ditanamkan nilai-nilai budaya dan peradaban yang baik, karena anak usia dini merupakan usia emas dalam kehidupan manusia. Karena itu, pemerintah pusat akan membantu sekuat tenaga untuk mengembangkan PAUD, tapi juga diharapkan pemerintah kabupaten/kota untuk berpartisipasi membinanya,” jelasnya.

Untuk mendukung PAUD tersebut, Hamid mengemukakan, pemerintah harus bersungguh-sungguh sehingga tahun depan akan meningkatkan program-programnya. Selain itu, perlunya dukungan anggaran dari pemerintah daerah (APBD) selain APBN. Sebab, APBN saja tidak mencukupi dan butuh bantuan dari pemerintah daerah.

Di samping itu, tambahnya, untuk mengembangkan PAUD di Papua perlu adanya dukungan dari berbagai pihak, seperti dari asosiasi pendidikan anak usia dini seperti Himpunan Pendidikan Anak Usia Dini (Himpaudi) Wilayah dan Forum PAUD yang diharapkan juga berperan besar dalam mengembangkan dan memajukan PAUD.

“Pemerintah akan mendukung de­ngan­ memberikan pembinaan di Pusat PAUD yang ada di provinsi. Kemudian Pusat PAUD di provinsi diharapkan bisa membina Pusat PAUD yang berada di wi­layahnya sehingga penyebaran dan pe­merataan PAUD akan lebih cepat terlaksana,” katanya.

Hamid menghimbau pengembangan PAUD di Papua harus melibatkan pergu­ruan tinggi sekitarnya. Perguruan tinggi seperti Universitas Cendrawasih bisa melakukan penelitian-penelitian sehing­ga­ hasil penelitian tentang PAUD dan pengembangannya bisa menjadi acuan bagi pengembangan PAUD di Papua yang disesuaikan dengan budaya setempat.

Dengan begitu, ujar Hamid, diharapkan PAUD akan maju luar biasa, dalam pengertian bukan dari segi jumlah saja namun perlu ada standar peningkatan mutu PAUD. Kalau PAUD di Papua maju, maka masyarakatnya ke depan akan mengalami kemajuan lebih cepat, karena sebenarnya potensi anak di seluruh Indonesia sama. Hanya kesempatan untuk mendapatkan layanan pendidikan saja yang berbeda. (wp-1)

sumber : http://www.pnfi.depdiknas.go.id/publikasi/read/20090305130151/PAUD-Tentukan-Kualitas-Pendidikan-Di-Masa-Depan.html (diakses: 30 Juli 2009)


Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Toko belanja online menyajikan model yang unik dan berkarakter, lebih mudah memilih, menemukan, dan memiliki model favorite Anda. http://www.usrotun-store.com

Masukkan alamat email Anda untuk berlangganan melalui email.

Join 7,827 other followers

DATAstudi Information

Recent Posts

%d bloggers like this: