DATAstudi Information

Home » Hidup Sehat » Tips kurangi kalori

Tips kurangi kalori

Bagaimana cara mudah menurunkan berat badan tanpa kita sadari? Sebenarnya gampang. Ganti saja makanan Anda dengan makanan lain atau tetap mengonsumsi makanan yang sama, hanya cara mengolahnya saja yang berbeda.

Pernah dalam satu tayangan acara Oprah’s diperlihatkan pengalaman orang-orang menurunkan berat badan. Salah satunya dengan mengurangi kalori dalam makanan yang biasa diasup. Contohnya, kalau Anda biasa mengonsumsi beef burger sebanyak dua porsi, ganti dengan satu porsi burger yang berisi sayuran. Dengan begitu Anda sudah mengurangi asupan kalori dari daging sapi.
Selain cara seperti itu, ada 10 cara sederhana untuk mengurangi asupan kalori dari diet makanan sehari-hari, seperti dikutip Good Health & Medicines.
Ganti telur dadar, orak-arik, atau mata sapi dengan telur rebus.
“Telur membantu tubuh merasa kenyang dan menjaga Anda dari rasa kenyang dalam waktu lebih lama. Ada bukti, mengonsumsi protein dengan jumlah karbohidrat yang sedikit seperti selembar roti panggang akan membantu sel-sel tubuh mulai menggunakan lemak untuk hari itu,” ujar Jane Barnes, konsultan gizi dan diet. Penelitian menunjukkan bahwa protein (dan telur kaya akan protein) juga bisa mempertahankan kadar gula dan membantu mencegah Anda sangat mengidam-idamkan makanan.
Berapa kalori yang dikurangi? Telur rebus mengandung energi 290 kJ atau sekitar 69,6 kalori, telur mata sapi 400 kJ atau 96 kalori, telur orak-arik tanpa tambahan krim 520 kJ atau 124,8 kalori. Untuk rasa ekstra, jangan lupa tambahkan sedikit lada segar.

Ganti dressing salad seperti thousand island atau mayones dengan minyak zaitun.
Bila Anda menggunakan bahan perasa berkualitas balk seperti minyak zaitun ekstra virgin, Anda cenderung mengonsumsi lebih sedikit, ujar ahli gizi Dr. Rosemary Stanton. Banyak orang memang cenderung mengambil dressing salad secara berlebihan.
Jangan mengonsumsi salad tanpa minyak. “Sedikit minyak akan membantu Anda menyerap zat gizi dari sayuran yang ada pada salad,” katanya.
Soal cuka apel, menurut Barnes, “Cuma mitos kalau ada yang bilang bisa melarutkan lemak. Cuka apel menurunkan kadar gula darah, yang berarti Anda cenderung sedikit overload untuk sistem tubuh.”
Berapa kalori yang dikurangi? Satu sendok makan dressing komersial mengandung 500 kJ atau 120 kalori, sedangkan sedikit minyak zaitun dengan cuka apel sekitar 200 kJ atau 48 Kal. Untuk menambah rasa, tambahkan bawang putih, cabal, atau herb.

sumber: internet


Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Toko belanja online menyajikan model yang unik dan berkarakter, lebih mudah memilih, menemukan, dan memiliki model favorite Anda. http://www.usrotun-store.com

Masukkan alamat email Anda untuk berlangganan melalui email.

Join 7,827 other followers

DATAstudi Information

Recent Posts

%d bloggers like this: