DATAstudi Information

Home » Hidup Sehat » Tanaman Obat Disekitar Kita

Tanaman Obat Disekitar Kita

Tahukah kamu bahwa disekitar kita begitu banyak tanaman yang berguna untuk kesehatan. Lihatlah, di pekarangan dan di lapangan bola dan juga di kebun belakang beberapa warga di tempat kita. Kita bisa menemukan dengan mudah tanaman temu lawak, kumis kucing, jahe, kunyit, rumput belanda, jarak pagar yang bisa kita pergunakan untuk obat berbagai sakit yang sering kita alami sehari-hari. Yuk kita lihat, tanaman apa saja dan untuk sakit apa saja :

Kunyit,
kunyit adalah tanaman tahunan berupa semak. Dari beberapa buku, menyebutkan bahwa tanaman ini berasal dari Binar apda ketinggian 1300- 1600 meter di atas permukaan laut. Tapi ada juga yang mengatakan bahwa kunyit berasal dari India. Kata curcumma yang merupakan nama lain dari kunyit, malah justru berasal dari bahasa arab dan korkom dari Yunani. Hmmmmm, belum jelas yach. Tapi tidak mengapa, tidak penting dari mana asalnya yang penting adalah bahwa kunyit di ciptakan oleh Tuhan YME sebagai tanaman yang berguna bagi kehidupan. Untuk apa? Selain sebagai bumbu masak, kunyit juga bisa dipakai untuk mencegah timbulnya tetanus apabila kita tertusuk paku. Caranya adalah dengan menghaluskan kunyit dan memanggangnya di atas api, dan ditempelkan pada luka. Maka kita akan terhindar dari tetanus. Selain itu kunyit juga bisa dipakai oleh kaum perempuan sebagai ramuan penghalus kulit sebagai lulur dan dicampur dengan bedak khusus.
Berbagai manfaat kunyit adalah sebagai berikut : 1) untuk menghilangkan kesemutan dengan memeras air rebusan dan meminumnya 2) untuk menghilangkan gatal, baik yang disebabkan jamur pada kulit atau juga gigitan serangga, dengan mengoleskan kunyit yang dihaluskan pada kulit yang gatal dan digigit serangga 3) melancarkan peredaran darah, dengan cara merebus air kunyit dengan asam jawa, biasanya ramuan ini juga dipakai untuk kecantikan dan kesehatan perempuan.

Temulawak,
tanaman temulawak, mirip dengan kunyit, tapi ukurannya lebih besar dan warnanya lebih muda. Kalau kunyit warnanya kuning bata, atau kuning kemerahan tapi kalau temulawak warnanya kuning muda. Jenisnya macam-macam, tapi yang ada ditanam di beberapa rumah sekitar kita adalah yang berwarna kuning muda. Temulawak ini adalah campuran untuk membuat jamu yang baik untuk kesehatan, selain itu juga bisa menjaga fungsi ginjal. Temulawak juga suka dilalap, dan bagus untuk pencernaan dan menjaga nafas agar tetap segar dan harum.

Kumis kucing,
kalian tentu tahu dengan tanaman ini, iya, tanaman ini banyak terdapat di kebun belakang rumah beberapa warga di sekitar kita. Bunganya berwarna putih dengan batang ungu kehitaman, sari madunya banayk dan enak jika dihisap. Tanaman ini berasal dari Afrika tropis, dan kemudian menyebar ke Asia dan Australia. Daun tanaman kumis kucing yang dikeringkan kemudian direbus berkhasiat untuk memperlancar buang air kecil. Selain dikerinkan juga bisa di rebus langsung tanpa dikeringkan. Kumis kucing juga dipakai untuk menyembuhkan batuk encok, masuk angin dan sembelit.

Jahe,
tentu kalian mengenal tanaman ini, Jahe adalah rumpun yang berbatang semu. Berasal dari Asia Fasifik dan kemudian menyebar ke India hingga cina. Selain sebagai bumbu masak dan penyedap bubur kacang hijau, jahe juga berfungsi sebagai bahan obat-obatan. Jahe bisa digunakan untuk menghilangkan alergi pada udara dingin dengan cara di buat minuman dan dicampur dengan gula merah, yang sering disebut wedang. Selain itu jahe juga sering dicampur dengan minyak yang digunakan untuk pijat. Bahkan sekarang jahe juga di buat sirup. Dan saat ini juga jahe dipergunakan oleh petani sebagai bahan pembunuh hama atau pestisida alami.

Selain tanaman rimpang dan semak,
juga terdapat pohon-pohon yang beberapa bagiannya bisa dipergunakan untuk obat. Seperti daun jambu biji dan buah jambu biji muda yang sering dipakai untuk obat sakit perut. Caranya, apabila kita terserang sakit perut karena gangguan pencernaan, maka ambilah daun jambu biji yang muda, ambil sedikit garam bungkus dengan daun jambu biji muda dan kunyah, maka sakit perut akan hilang seketika. Jika tidak suka daunnya, kita juga bisa mengunyah jambu biji yang muda dengan garam, khasiatnya juga sama.

Getah daun jarak,
jarak pagar banyak terdapat di pekarangan rumah disekitar kita, getah jarak bisa kita pergunakan untuk menyembuhkan sariawan. Caranya, dengan memetik sehelai daun jarak, dan meneteskan getah pada pangkal daun jarak ke sariawan. Uuuuuuh rasannya pedih dan sedikit gatal, setelah diteteskan getah, tahan lah selama +/- 2 menit sampai rasa pedihnya hilang, setelah itu, sariawan akan segera sembuh, dan kamu tidak perlu mengunyah sambil meringis kesakitan lagi.

Rumput belanda,
rumput belanda adalah nama yang sering dipakai warga di sini sebagai sebutan untuk rumput yang memiliki bentuk daun mirip daun mint tapi berwarna hijau kekuning-kuningan. Rumput ini bisa mempercepat pemberhentian darah pada saat luka. Biasanya kita suka bermain di tempat-tempat yang terkadang terdapat pecahan beling, kaca, botol dan benda tajam lainnya, nah jika tak sempat pulang kerumah, cepatlah ambil rumput belanda yang sangat banyak tumbuh di sekitar kita, ambil daunya, remas-remas, dan tempelkan pada luka. Maka darah akan cepat berhenti.

Daun ubi,
nah daun ubi juga memiliki fungsi yang sama dengan rumput belanda, biasa dipakai bapak-ibu kita untuk menghentikan darah apabila kita terluka pada saat bermain dan ketika dirumah persediaan obat luka sedang habis. Caranya sama yaitu dengan meremas-remas daun ubi dan menempelkannya pada luka.

Itulah tanaman yang terdapat sangat mudah ditemukan di tempat kita. Kalian bisa mempergunakannya apabila kalian membutuhkannya, baik untuk kalian sendiri ataupun untuk keluarga dan sahabat kita,

selamat mencoba yach….
sumber: internet

1 Comment

  1. Rudi says:

    ASS…mas tolong mau nanya nich… aku pernah dengar daun EDI atau LADY mirip2 diantar rumput daun jarak dengan daun rumput singkokng orang2 dulu dikampung menyebut nya daun EDI atau LEDY khasiatnya untuk kelancaran buang air kecil dan gangguan Prostat untuk menolong orang tua ku sudah mulai kambuh lagi sudah bosan beli obat2 an hal ini di ceritakan oleh seseorang yang bapak nya pernah mengalami seperti ini Terimakasih ..Wass…Rudi Bandung

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Toko belanja online menyajikan model yang unik dan berkarakter, lebih mudah memilih, menemukan, dan memiliki model favorite Anda. http://www.usrotun-store.com

Masukkan alamat email Anda untuk berlangganan melalui email.

Join 7,827 other followers

DATAstudi Information

Recent Posts

%d bloggers like this: