DATAstudi Information

Home » Hidup Sehat » Pemanfaatan tanaman obat tingkatkan kemandirian

Pemanfaatan tanaman obat tingkatkan kemandirian

Jakarta, Kompas – Pemanfaatan tanaman obat perlu dikembangkan untuk meningkatkan kemandirian dalam pengobatan keluarga dan industri obat berbahan alam di dalam negeri. Selain harganya relatif murah, obat berbahan alam memiliki efek samping sangat kecil. Saat ini diperkirakan terdapat sedikitnya 7.000 jenis tanaman obat di Tanah Air.

“Tanaman obat secara turun-temurun dimanfaatkan masyarakat untuk merawat kesehatan dan menyembuhkan berbagai penyakit,” kata Direktur Balai Penelitian Tanaman Obat dan Aromatik, M Syakir, di sela-sela seminar nasional bertema Pengembangan Tanaman Obat Menuju Kemandirian Masyarakat dalam Pengobatan Keluarga, Kamis (7/9), di Jakarta.

Sedangkan Direktur Bina Kesehatan Komunitas Departemen Kesehatan Wandaningsih menyatakan, peningkatan kemandirian masyarakat dalam mengatasi masalah kesehatan dapat dilakukan dengan pengembangan taman obat keluarga (TOGA).

Tujuannya, untuk mengurangi ketergantungan terhadap obat kimia.
Sejumlah manfaat TOGA antara lain, menjaga kesehatan dan meningkatkan kesehatan, mengobati gejala penyakit ringan, dan memperbaiki gizi keluarga.
“Jenis tanamannya diutamakan yang banyak diperlukan dalam keluarga, dapat mengobati penyakit yang melanda daerah, dan bisa digunakan sebagai bumbu, sayur atau buah,” tuturnya.

Berkaitan dengan itu, pihaknya mencanangkan pengembangan taman obat keluarga di 199 kabupaten terpencil di Tanah Air secara bertahap dengan melibatkan semua sektor, termasuk pemerintah daerah setempat.

Selama ini akses masyarakat di daerah pelosok terhadap pelayanan kesehatan sangat minim.

Jika pengembangan tanaman TOGA secara terpadu berhasil meningkatkan kemandirian masyarakat dalam penyediaan tanaman obat, biaya subsidi pembelian obat generik bisa dihemat sekitar Rp 300 miliar.

“Secara bertahap, subsidi pemerintah terhadap pelayanan kesehatan dapat berkurang. Tanaman obat juga bisa berfungsi jadi sumber pendapatan masyarakat,” kata Syakir.

Tingkatkan produksi

“Kemampuan nasional untuk memproduksi tanaman obat di dalam negeri harus ditingkatkan untuk mengantisipasi terus bertambahnya permintaan obat herbal,” kata Syakir.

Sayangnya, pasokan bahan baku tidak terjamin dan mutunya tidak terstandar karena kebanyakan diambil langsung dari alam, bukan lewat budidaya.

Pemanfaatan tumbuhan obat dalam pelayanan kesehatan formal juga memerlukan dukungan semua pihak, antara lain peraturan perundangan yang kondusif.

“Untuk mempercepat pertumbuhan industri obat berbahan alam, pada tahap awal obat herbal seharusnya hanya perlu uji pra klinis untuk pengobatan. Kalau seluruh obat herbal harus melalui uji klinik, butuh biaya besar,” tuturnya.

Di masa mendatang, Indonesia harus bisa memanfaatkan teknologi modern untuk menciptakan bahan baku obat lebih terstandar.

Karena itu, dukungan industri pengolahan bahan baku sangat penting agar tersedia ekstrak terstandar tanaman obat, untuk diolah industri obat bahan alam jadi produk bermutu tinggi setelah melalui serangkaian uji pra klinis dan uji klinik.

Penyediaan bahan baku tanaman obat juga dapat dilakukan seluruh warga secara mandiri. Caranya, dengan memanfaatkan pekarangan dalam bentuk tanaman obat keluarga, dan budidaya tanaman obat di lahan khusus dengan menerapkan standar operasional prosedur budidaya tanaman obat agar diterima di dunia internasional.

Untuk meningkatkan kemandirian petani dalam pelayanan kesehatan, jenis-jenis obat yang akan ditanam dianjurkan memenuhi persyaratan antara lain, tanaman sudah terdapat di daerah setempat, mudah dikembangbiakkan, dapat dipakai untuk keperluan lain.

“Kami sedang memetakan jenis tanaman obat yang cocok untuk tiap daerah,” ujar Syakir.

sumber: Humaniora (internet)

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Toko belanja online menyajikan model yang unik dan berkarakter, lebih mudah memilih, menemukan, dan memiliki model favorite Anda. http://www.usrotun-store.com

Masukkan alamat email Anda untuk berlangganan melalui email.

Join 7,827 other followers

DATAstudi Information

Recent Posts

%d bloggers like this: