DATAstudi Information

Home » Info Kesehantan » Ganti muffin dengan kacang-kacangan

Ganti muffin dengan kacang-kacangan

“Dalam 16 penelitian yang respondennya diberi kacang-kacangan, tidak ada satu pun dari mereka yang berat badannya bertambah,” ujar Dr. Stanton. Kacang-kacangan bisa memuaskan rasa lapar, sehingga Anda cenderung makan sesuatu lebih sedikit. Ditambahkan Barnes, “Sejumlah kecil kacang-kacangan dapat membantu tubuh menggunakan lemak. Tambahan lagi, kacang-kacangan juga mengandung lemak baik.” Muffin yang dijual di toko roti biasanya tinggi kalori karena “terbungkus” gula dan lemak yang tidak balk.

Berapa kalori yang bisa dikurangi? Sepuluh butir kacang walnut mengandung 380 kJ atau 95 kalori. Bandingkan dengan satu muffin yang mengandung 1.500 kJ atau 360 kalori!

Meski begitu, Barnes menyarankan agar Anda tidak terlalu banyak mengonsumsi kacang-kacangan. Porsinya sedikit saja dan masukkan dalam bekal di tas Anda.

Ganti keju cheddar dengan fetta
Fetta mengandung lemak lebih sedikit daripada keju cheddar dan keju keras lainnya. Namun, seperti dijelaskan Barnes, “Keju bisa menjadi satu cara efektif menurunkan berat badan karena mengandung kalsium dan sumber protein yang baik. Penelitian terbaru menunjukkan bahwa kedua zat gizi itu penting untuk memungkinkan terjadinya penggunaan lemak. Tak peduli berapa rendah asupan kalori, bila Anda tidak cukup protein dan kalsium dalam sel, Anda tidak dapat menghabiskan kelebihan lemak.
Berapa kalori yang dikurangi? Sebanyak 30 g keju cheddar mengandung 500 kJ (120 kalori), sedangkan fetta hanya 300 kJ (72 kalori).

Ganti mentega dengan margarin rendah lemak
“Anda akan mendapat lemak seimbang yang lebih baik, memilih untuk meningkatkan lemak tak jenuh tunggal dan ganda yang lebih menyehatkan daripada lemak jenuh pada mentega,” ujar Barnes. Anda akan menghemat kalori cukup banyak dan belajar menghargai lemak yang lebih sedikit.
Berapa kalori yang dikurangi? Sebanyak 10 g mentega mengandung 300 kJ (72 kalori), sedangkan margarin ringan hanya sekitar 175 kJ (42 Kalori). Anda bisa mencoba margarin bunga matahari atau canola yang menyediakan asam lemak esensial omega-3 dan omega-6.

Ganti gula dengan kayu manis
“Kayu manis mengandung capsinoid, yang juga ditemukan pada cabai dan cabai merah, dan diperkirakan dapat membantu merangsang tingkat metabolisme tubuh,” ungkap Barnes. Para peneliti di AS juga telah menemukan bahwa kayu manis dapat membantu mengontrol kadar gula darah pada mereka yang terpengaruh diabetes tipe 2.
Berapa kalori yang dikurangi? Satu sendok teh gula pasir mengandung 85 kJ (20,4 kalori), sedangkan kayu manis 40 kJ (9,6 kalori). Kayu manis bisa ditaburkan pada buah yang direbus atau bubur.

Ganti susu penuh lemak dengan susu rendah lemak
“Bukan hanya kalori yang bisa dikurangi, Anda juga dapat meningkatkan asupan kalsium,” kata Barnes. Biasanya pada susu rendah lemak ditambahkan sedikit susu skim yang akan meningkatkan cita rasanya.
Berapa kalori yang dikurangi? Sebanyak 250 ml susu penuh lemak memiliki kalori 690 kJ atau sekitar (165,6 kalori), sedangkan susu skim 450 kJ (108 kalori).

Ganti sereal atau keping jagung rendah serat dengan yang tinggi serat
“Semakin banyak serat yang terkandung, semakin lama rasa kenyang bertahan dalam tubuh,” ungkap Dr. Stanton. Suatu penelitian di AS menunjukkan, mereka yang mengonsumsi sereal dengan serat lebih tinggi mengonsumsi lebih sedikit dibandingkan dengan yang mengasup sarapan rendah serat.
Berapa kalori yang dikurangi? Satu cangkir keping jagung dengan susu menyumbang kalori sebesar 730 kJ (175,2 kalori), sedangkan keping jagung dengan susu rendah lemak 590 kJ (141,6 kalori). Anda bisa menambahkan satu buah pisang untuk meningkatkan serat dalam sereal.

Ganti pasta dengan sup.
Ada penelitian dari Penn State University yang menyebutkan bahwa hidangan pembuka cair seperti sup sayur akan membuat Anda merasa kenyang. Akibatnya, Anda akan mengonsumsi kalori lebih sedikit dalam keseluruhan makanan.
Berapa kalori yang dikurangi? Satu porsi spageti bolognese 2.720 kJ (652,8 kalori), sedangkan satu mangkuk minestrone sekitar 1.045 kJ (250,8 kalori).
Agar Anda lebih mudah mengonsumsi sup sayur, buat daiam ukuran besar di akhir pekan, kemudian bekukan dalam porsi individu. Jadi begitu lapar, Anda bisa memanaskan sup tersebut. Lebih sehat,’kan?

Ganti yoghurt penuh lemak dengan yoghurt tanpa rasa rendah lemak plus buah segar.
Beberapa yoghurt mengandung probiotik yang membantu penyerapan kalsium dan probiotik yang juga baik untuk kesehatan usus. Sayangnya, yoghurt penuh lemak akan menambah ekstra kalori. Itu sebabnya, yoghurt tawar rendah lemak bisa dipilih. Untuk menambah rasa, bisa dimasukkan buah-buahan segar.
Berapa kalori yang dikurangi? Yoghurt penuh lemak dengan berat 200 g mengandung 1,000 kJ (240 kalori). Bandingkan dengan yoghurt tanpa rasa rendah lemak dengan tambahan 5 butir stroberi yang hanya memiliki 560 kJ (134,4 kalori).

Tak terlalu sulit mengurangi kalori,’kan?

sumber: internet

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Toko belanja online menyajikan model yang unik dan berkarakter, lebih mudah memilih, menemukan, dan memiliki model favorite Anda. http://www.usrotun-store.com

Masukkan alamat email Anda untuk berlangganan melalui email.

Join 7,827 other followers

DATAstudi Information

Recent Posts

%d bloggers like this: