DATAstudi Information

Home » Budaya » Jangan sok tahu

Jangan sok tahu

Janganlah merasa jago bahwa diri kita tahu segalanya. Bila kita ingin mendapatkan informasi yang baik dan benar, simaklah baik-baik. Kalau ada berita yang kita dengar hanya sepintas, maka yang masuk melalui telinga, pikiran dan sanubari kita juga sepintas. Jangan merasa bahwa informasi tersebut sudah akurat. Tanpa menyimak dengan baik, maka yang kita terima juga kurang baik mutunya.
Pada hakekatnya sebagian dari kita hidup penuh dengan kesombongan. Kita tidak malu memberikan informasi yang salah daripada mengakui bahwa kita tidak mengerti. Untuk menutup keraguan, dipergunakan kata “mungkin”.
Apakah kita sudah merenungkan secara mendalam, apa yang terjadi kalau informasi salah tersebut akan menjerumuskan orang lain dalam bahaya? Kita hendaknya hidup cermat. Cermat dalam segala bidang. Karena pada saat ini banyak orang disekitar kita yang tidak cermat dan tidak tahu, carut-marutlah masyarakat kita.
Banyak diantara kita tidak malu memberi informasi yang tidak benar, bahkan tidak malu melakukan kesalahan. Kita sudah tidak malu membuang sampah sembarangan, tidak malu menyangkal kebenaran yang ada. Apakah hal ini akan dilakukan terus menerus ?
Banyak pula yang tidak tahu untuk menegakkan disiplin di setiap tempat pada mana kita berpijak. Banyak yang belum tahu apa sebenarnya yang harus dilakukan, sehingga tidak menyadari bahwa dirinya tidak benar. Jadi, malu pulalah bila kita seenaknya menebang pohon, seenaknya mengambil daun-daun dan seenaknya datang terlambat di sekolah atau di tempat kerja. Demikian juga malu pulalah bila kita seenaknya mengunyah kudapan sambil bekerja,. Melakukan sarapan (makan pagi) beberapa saat setelah masuk kerja juga dilakukan karena tidak tahu. Sebaiknya kita jadi tahu, karena sarapan dilakukan sebelum masuk kerja. Karena tidak tahu, akuilah ! Setelah itu lakukanlah yang benar.
menjaga keseimbangan, dalam kehidupan ini kita perlu membuat keseimbangan physik dan psychis. Bagi yang terlalu kurus, usahakan menjadi gemuk sedikit. Yang sudah terlalu gemuk, kuruskanlah tubuh ini sesuai petunjuk untuk memelihara kesehatan. Bagi yang masih belum tahu, carilah tahu mana yang benar, sehingga tidak melakukan kekeliruan terus menerus. Marilah kita mulai dari sendiri untuk malu berbuat salah dan takut akan akibat perbuatan yang tidak terpuji. Kalau sudah mulai, peliharalah kebajikan kita agar yang tidak tahu menjadi tahu.
Semoga kita semua bisa…
sumber: internet

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Toko belanja online menyajikan model yang unik dan berkarakter, lebih mudah memilih, menemukan, dan memiliki model favorite Anda. http://www.usrotun-store.com

Masukkan alamat email Anda untuk berlangganan melalui email.

Join 7,827 other followers

DATAstudi Information

Recent Posts

%d bloggers like this: