DATAstudi Information

Home » Billing Hostpot Wifi » Melindungi PC dari Penyusup Internet

Melindungi PC dari Penyusup Internet

Hidup seharusnya mudah. Namun browsing internet saja bisa menyebabkan diri Anda dalam bahaya. Drive-by download bisa men-download semua spyware, kuman, dan Trojan ke PC tanpa sepengetahuan Anda. Orang yang tidak senang bisa menginstalasi Browser Helper Object ke PC untuk membajak homepage Anda dan memata-matai aktivitas browsing web Anda. Anda juga bisa terkubur dalam badai iklan pop-up. Situs web bisa menjajah privasi Anda dengan melihat setiap halaman yang dikunjungi. Dan belum lagi lubang sekuriti pada Internet Explorer yang cukup besar. Kita akan melihat semua ancaman tersebut dan lainnya sehingga kita bisa melindungi diri dari mereka dan membersihkan diri kita jika sudah terkena.

Ada apa dengan Internet Explorer?
Apakah kuman terbesar yang Anda hadapi pada waktu browsing internet ? Ia duduk tepat di hadapan Anda, yaitu Internet Explorer. Browser yang paling populer di dunia merupakan magnet kuman. IE dihadapkan dengan lubang sekuriti, diincar oleh malware; buruknya, ia terikat ke operating system secara langsung. Jika kuman mengincar IE, itu bisa mempengaruhi browsing Anda, termasuk operating system dan setiap file di dalamnya. Ia bisa menghapus file, mengambil-alih PC Anda, memasukkan spyware, mengubah komputer Anda menjadi “zombi” sebagai jalan untuk menyerang komputer lain, dan seterusnya. Mengapa Internet Explorer begitu tidak aman? Ada beberapa alasan; pertama, IE menggunakan teknologi bernama ActiveX dan Active Scripting, yang memungkinkan Anda menggunakan browser untuk menjalankan program. Kontrol ActiveX dan script ini biasanya menyediakan suatu fitur atau service yang berguna. Sebagai contoh, situs Web Microsoft Update menggunakan control ActiveX untuk men-scan komputer Anda dalam mencari software yang kadaluarsa dan kemudian mengirimkan update kepada Anda. Namun, ActiveX juga bisa digunakan untuk membahayakan komputer Anda. Kedua, IE terintegrasi langsung ke dalam Windows. Jika penyusup ingin menginvasi komputer Anda, mereka bisa menyerang IT, dan kemudian bisa langsung ke dalam sistem file Anda dan Windows. Browser lain, seperti Opera dan Firefox, tidak memperbolehkan penyerang memasuki seluruh sistem. Terakhir, IE menggunakan Browser Helper Object (BHO) atau add-in untuk menambah fitur pada browser. Sebagai contoh, Google Toolbar memungkinkan Anda untuk mencari dengan Google dari manapun. Namun, BHO bisa juga melakukan pekerjaan kotor. Sebagai contoh, BHO bisa membajak homepage Anda, menginstalasi Trojan, menampilkan pop-up yang tidak diinginkan, dan bekerja sebagai spyware.
Jadi apa yang harus Anda lakukan?
Mulailah dengan mengamankan browser Anda terhadap serangan. Tutup lubang-lubang dan persulit kuman untuk masuk. Anda bisa pindah ke browser lain. Jika ingin tetap menggunakan IE, nyalakan fitur keamanannya supaya serangan bisa dikurangi. Microsoft merilis Internet Explorer 7.0, yang diklaim jauh lebih aman dibandingkan versi sebelumnya. Namun apapun versi IE yang Anda gunakan, Anda tetap harus berusaha menutup lubang keamanan sebanyak mungkin.
Kunci Internet Explorer
Jika terikat secara emosional ke IE, Anda bisa melakukan banyak hal untuk mengamankan diri Anda. Sebelum melakukan hal lain, pastikan anda mendownload dan menginstalasi Windows XP Service Pack 2 (SP2). Update ini menutup banyak lubang keamanan. Ia juga memberikan fitur sekuriti baru ke IE, seperti kemampuan untuk memblokir pop-up dan drive-by download, yang bisa menginstalasi kuman pada PC Anda. Pertama, periksa apakah SP2 sudah terinstalasi. Klik kanan My Computer, pilih Properties, klik tab General, dan lihat di bagian bawah dari System. Jika tertulis Service Pack 2, Anda OK. Jika tidak, Anda harus update. Paling mudah untuk update adalah dengan mengunjungi situs Windows Update
Anda juga bisa memilih Start, All Program, Windows Update. Pada waktu situs meminta Anda untuk menginstalasi control ActiveX, klik Yes. Selanjutnya, klik Express Install dan ikuti instruksi untuk meng-update. Anda juga bisa menggunakan fitur Automatic Updates XP untuk meng-update ke SP2. Jika memilih Prompt, Anda akan melihat pesan peringatan pada waktu suatu situs Web ingin men-download control ActiveX. Klik tombol Install jika Anda ingin menginstalasinya; jika tidak, klik tombol Don’t Install. Pesan ini bisa mengganggu, terutama jika Anda sering men-download kontrol ActiveX dari situs yang aman dan sudah dikenal, seperti Microsoft atau Symantec. Anda mungkin tergoda untuk mengubah setting Internet Explorer supaya otomatis men-download control ActiveX yang telah di-sign. Cara lebih baik untuk menangani masalah ini adalah klik tombol More Options lain kali Anda men-download kontrol ActiveX dari suatu situs web. Jika Anda mempercayai situs tersebut, pilih “Always install software…” dan kemudian klik tombol install. Mulai sekarang, kontrol ActiveX dari perusahaan tersebut akan otomatis diinstalasi, dan Anda tidak akan diganggu lagi dengan suatu pesan. Sama juga, jika Anda tidak mempercayai situs tersebut, pilih “Never install…” dan kemudian klik tombol Don’t Install. Mulai sekarang, Anda tidak akan melihat peringatan pada waktu mengunjungi situs, dan kontrol ActiveX tidak akan diinstalasi.
Gunakan Pop-Up Blocker
Iklan pop-up lebih dari sekadar pengganggu. Mereka bisa juga berbahaya. Salah satu cara spyware dimasukkan ke PC adalah melalui orang-orang yang mngklik iklan pop-up tersebut—sering kali, iklan tersebut berjanji kosong untuk “melindungi” Anda dari spyware. Internet Explorer versi SP2 menyertakan pop-up blocker untuk mematikan pop up. Jika Anda menggunakan IE, download dan instalasi SP2 kemudian gunakan pop-up blocker.
Hentikan Drive-by Download
Drive-by download mungkin ancaman paling berbahaya dari semuanya, dan Internet Explorer rentan terhadap mereka. Situs web yang mencurigakan bisa memasukkan spyware, virus, dan malware lain ke sistem tanpa sepengetahuan Anda, dan Anda bahkan tidak perlu mengklik apapun buat mereka untuk melakukannya. Pada waktu Anda mengunjungi suatu situs, ia diam-diam memasukkan kuman. Anda mungkin sudah bosan mendengarnya, tatapi cara mengatasinya sederhana: instalasi SP2. Jika menggunakan IE versi sebelumnya, Anda masih bisa mematikan drive-by download. Pilih Tools, Internet Options, dan klik tab Advanced. Hilangkan tanda centang pada “Enable Install On Demand (Internet Explorer)” dan “Enable Install On Demand (Other)”. Meskipun sudah mempunyai SP2, pastikan keduanya tidak dicentang.
Dapatkan Browser yang Lebih Aman
Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, Internet Explorer lebih berbahaya dibanding yang lain, sehingga terjadi pergerakan untuk menggunakan browser yang lebih aman. Namun browser mana yang harus Anda gunakan? Firefox merupakan browser yang terbaik. Ia tidak rentan seperti IE, dan menyertakan banyak tambahan, sepeti pop-up blocker, Google search bar, dan kemampuan untuk browsing banyak situs dengan dengan menggunakan tab. Firefox lebih aman dibanding IE dan akan memberikan perlindungan yang lebih baik terhadap kuman. Browser lainnya adalah sepupu dekat Firefox: Mozilla. Grup yang sama, Mozilla, mengembangkan kedua browser. Keduanya merupakan sofware open source, yang berarti mereka free; pengembangan mereka merupakan kerja sama banyak programmer, dan kodenya tersedia secara bebas. Mozilla terlihat dan bekerja sangat mirip dengan Firefox. Namun, Firefox lebih baru dan lebih baik dan menyertakan beragam fitur yang tidak ditawarkan oleh Mozilla. Kenyataannya, Firefox akan menggantikan browser Mozilla pada akhirnya. Browser free lain yang menawarkan sekuriti lebih dibanding IE adalah Netscape, yang dimiliki oleh America Online dan menggunakan kode Mozilla. Ia patut dicoba, tetapi sekali lagi, tidak mempunyai fitur sekaya Firefox. Plus, ia datang dengan tambahan yang mungkin tidak Anda inginkan, misalnya AOL Instant Messenger. Terakhir, ada Opera. Ia juga menawarkan sekuriti yang lebih baik dibanding IE, dan sama seperti Firefox, ia menyertakan tambahan, seperti pop-up blocker, tab browsing, Google search, dan lainnya. Namun ada kekurangannya, yaitu Anda harus membelinya. Anda bisa mendapatkan versi yang free, tetapi ada iklan.
Hentikan Pop-up
Iklan pop-up mungkin adalah gangguan terbesar yang Anda jumpai pada waktu browsing web. Seperti yang ditunjukkan namanya, iklan ini muncul di atas browser, biasanya dalam jendela yang lebih kecil, dan sering kali berisi pesan berkedip-kedip dan tampilan lainnya yang menjengkelkan. Kamera pengawas X.10 memelopori penggunaan pop-up, yang sekarang membanjiri Internet. Pop-up juga bisa membahayakan karena mereka bisa digunakan untuk memasukkan spyware, Trojan, dan kuman lainnya ke PC Anda. Jika Anda mengklik suatu iklan pop-up, secara tidak sadar Anda memulai suatu download atau dibawa ke suatu situs yang memasukkan malware ke PC Anda. Beberapa iklan membawa Anda ke suatu situs web palsu yang dibuat mirip dengan situs web institusi finansial yang sebenarnya misalnya bank. Namun, situs web tersebut mencuri informasi pribadi Anda begitu Anda memasukinya.
Gunakan Pop-up Blocker di dalam SP2
Anda harus upgrade ke SP2 jika ingin memasukkan pop-up blocker ke dalam Internet Explorer. Ia melakukan pekerjaan yang luar biasa dalam memblokir pop-up. Ia juga memungkinkan Anda untuk memperbolehkan pop-up dari beberapa situs dan melarang mereka dari semua yang lain. Pada waktu Anda menginstalasi SP2 pop-up blocker otomatis dinyalakan. Kunjungi suatu situs dengan pop-up dan Anda akan melihat suatu layar di bawah address bar. Di bagian atas layar, Anda akan melihat Information Bar, yang memberitahu Anda bahwa IE memblokir po-up. Di bagian tengah layar, Anda akan melihat notifikasi yang memberitahu Anda untuk melihat Information Bar. Pilih “Do not show this message again”, dan klik OK. Sejauh ini baik-baik saja. Mulai sekarang semua pop-up akan diblokir. Namun, kadang-kadang Anda mungkin ingin mejmperbolehkan pop-up tampil. Sebagai contoh, beberapa situs menggunakan pop-up untuk kepentingan yang baik, misalnya untuk menampilkan informasi tambahan. Jika Anda ingin memperbolehkan pop-up dari situs tersebut, klik Information Bar. Pilih “Temporarily Allow Pop-ups” supaya pop-up ditampilkan untuk kunjungan kali ini saja, atau pilih “Always Allow Pop-ups from This Site” jika Anda ingin terus menerima pop-up dari situs tersebut. Apapun yang Anda pilih, IE akan segera menampilkan pop-up. Hati-hati: Anda harus memilih dari situs yang sudah dikenal saja. Jika Anda ingin mematikan pop-up blocker secara keseluruhan, klik Information Bar, dan pilih Settings, Turn Off Pop-up Blocker. Namun hanya karena Anda bisa melakukan sesuatu bukan berarti Anda harus. Jadi, jangan lakukan karena itu akan membahayakan diri Anda. Jika Anda tidak ingin Information Bar ditampilkan pada waktu IE memblokir pop-up, klik Information Bar dan pilih Settings, Show Information Bar for Pop-ups. Namun, apa yang terjadi jika Anda secara permanen memperbolehkan pop up dari suatu situs dan kemudian Anda memutuskan tidak lagi memperbolehkan mereka tampil? Untuk memberitahu pop-up blocker supaya menghentikan pop up tersebut, pilih Tool, Pop-up Blocker, Pop-up Blocker Settings. Anda akan melihat semua situs yang pop-up-nya Anda perbolehkan pada kotak “Allowed sites”. Untuk menghentikan pop-up dari salah satu situs tersebut, sorot situs dan klik tombol Remove. Jika Anda ingin menambah situs selain yang ditampilkan di situ, ketik situs pada kotak “Address of Website to allow”, dan klik tombol Add. Anda juga bisa memberitahu IE seberapa agresif memblokir pop-up dengan memilih tingkat penyaringan dari kotak Filter Level. Anda bisa memilih satu dari ketiga filter. Terakhir, Anda bisa memilih apakah mengeluarkan suara pada waktu IE memblokir pop-up. Anda juga bisa menampilkan Information Bar pada waktu IE memblokir suatu pop-up.
Free Software untuk Menghentikan Pop-up
Tentu saja, Anda masih bisa memblokir pop-up tanpa SP2. Sebagai contoh, Anda bisa menggunakan salah satu dari search toolbar yang terintegrasi dengan Internet Explorer. Toolbar ini memungkinkan Anda mencari di web dan memblokir pop-up juga. Yang terbaik di antaranya adalah Google, tetapi semua free toolbar berikut menyertakan pop-up blocking di dalamnya. Perlu dicatat bahwa mereka semua hanya bekerja pada IE: Google Toolbar, Yahoo! Companion Tollbar, MSN Toolbar, Earthlink Tollbar, Netscape Tollbar for IE (aneh tapi nyata: Netscape telah merilis toolbar untuk IE, dan sudah termasuk pop-up blocker). Anda juga bisa men-download free stand-alone pop-up blocker, seperti Pop-Up No-No (http://www.popupnono.com). Ia berjalan di System Tray dan melakukan lebih dari sekadar memblokir pop-up. Ia juga memblokir iklan Flash, suara latar, dan animasi GIF. Ia bisa bekerja pada Internet Explorer, Netscape, Mozilla, Firefox, dan Opera, dan ia memungkinkan beberapa orang yang menggunakan komputer yang sama untuk membuat setting mereka sendiri. Klik kanan icon-nya pada System Tray dan atur setting Anda. EMS Free Surfer mk II (http://www.kolumbus.fileero.muhonen/FS/fs.htm) memungkinkan Anda mengeset beberapa level proteksi pop-up—memblokir semua pop-up atau hanya yang tidak diinginkan—dan Anda bisa menyalakan dan mematikan dengan sekali klik. Ia juga mempunyai add-in yang akan membersihkan cache sistem dan membuat daftar situs yang baru-baru ini dikunjungi (jangan keliru dengan EMS Free Surfer Companion, yang menawarkan lebih banyak fitur dibanding yang free).

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Toko belanja online menyajikan model yang unik dan berkarakter, lebih mudah memilih, menemukan, dan memiliki model favorite Anda. http://www.usrotun-store.com

Masukkan alamat email Anda untuk berlangganan melalui email.

Join 7,827 other followers

DATAstudi Information

Recent Posts

%d bloggers like this: