Home » Administrasi » Pelayanan Rumah Sakit Umum Terhadap Pasien Asuransi Kesehatan

Pelayanan Rumah Sakit Umum Terhadap Pasien Asuransi Kesehatan

Oleh:  ABD. WAHID

Bagi kebanyakan orang, sakit merupakan peristiwa yang pasti dan mungkin jarang terjadi. Namun ketika peristiwa tersebut terjadi, implikasi biaya pengobatan yang sedemikian besar dapat membebani ekonomi rumah tangga. Keadaan yang tidak menguntungkan tersebut secara langsung dari kantong (Murti, 2000).
Sistem Asuransi Kesehatan bertujuan untuk melindungi masyarakat dari kesulitan ekonomi dalam pembiayaan pelayanan kesehatan, serta mendekatkan pelayanan sesuai dengan asas adil dan merata. Karena iuran akan ditentukan oleh besarnya pendapatan yang merupakan pemumpukan sumber dana bagi penyelenggaraan pelayanan kesehatan, sehingga pengembangan sarana kesehatan dapat lebih terjamin pada penyelenggaraan kesehatan yang diselenggarakan sesuai dengan prinsip ekonomi.

Salah satu masalah yang perlu diantisipasi adalah pembiayaan kesehatan dimasa depan. Oleh karena itu perlu dikembangkan suatu sistem pemeliharaan kesehatan yang memadai bagi masyarakat yang dapat melindungi mereka terhadap beban biaya yang tinggi. Sistem ini harus dapat mengatasi masalah-masalah dibidang pembiayaan dan sekaligus dapat mengarahkan system pemeliharaan kesehatan kesuatu pelaksanaan yang lebih terkoordinir.

Menurut UU RI 2 Tahun 1992 tentang asuransi disebutkan bahwa program asuransi yang diselenggarakan secara wajib berdasarkan suatu undang-undang dengan tujuan untuk memberikan dasar bagi kesejahteraan masyarakat (Thabrany, 2001). Olehnya itu, maka pemerintah mengembangkan system asuransi kesehatan (ASKES) yaitu PT. (Persero) Asuransi Kesehatan Indonesia, pengembang tugas dari pemerintah untuk menyelenggarakan jaminan kesehatan bagi pegawai negeri sipil (PNS), penerimaan pensiunan, veteran, dan perintis kemerdekaan serta anggota keluarganya.

Keluhan utama dari peserta ASKES adalah kurang baiknya pelayanan yang apabila ditelaah lebih lanjut berasal dari pejabat di perkotaan yang keberatan pergi ke Puskesmas dan adanya diskriminasi pelayanan terhadap pegawai negeri sipil di rumah sakit. Keluhan tentang obat dimana peserta tidak mau menggunakan obat generik, tetapi mengeluh jika harus membayar selisih harga. Keluhan lain adalah lamanya menunggu untuk mendapatkan pelayanan, prosedur pelayanan (administrasi) yang berbelit-belit dan sikap petugas yang kurang ramah dalam memberikan pelayanan serta kurangnya pengetahuan dari masyarakat yang akan menggunakan asuransi kesehatan.

Dalam asuransi kesehatan (ASKES), kesulitan dalam menentukan dasar seperti ketidak-jujuran, kurang hati-hati, kurang pengertian dan ketidak-tahuan. Biasanya hal tersebut lebih banyak ditemukan pada asuransi dengan jumlah peserta yang sangat besar, disamping itu kesulitan lain dapat timbul karena meningkatnya kebutuhan pelayanan kesehatan dan perkembangan teknologi kedokteran yang tidak diimbangi dengan dana yang cukup.

Sistem pelayanan rumah sakit merupakan tatanan dari pada tingkat pelayanan rumah sakit yang disusun menurut pola rujukan timbal balik sehingga tercapai pelayanan yang efektif, berdaya guna, dan berhasil guna. Oleh karena itu, system pelayanan kesehatan melalui rumah sakit perlu dipahami dan merupakan pedoman bagi semua pihak yang berkepentingan dalam penyelenggaraan dan penyempurnaan organisasi rumah sakit baik pemerintah maupun swasta.

Dalam penulisan ini dibatasi hanya terhadap asuransi yang dikelola oleh PT. (PERSERO) Asuransi Kesehatan (ASKES) yang merupakan suatu badan usaha milik Negara (BUMN) yang secara teknis berada dibawah naungan Departemen Kesehatan yang diberi tugas oleh pemerintah untuk menyelenggarakan program pemeliharaan kesehatan bagi pegawai negeri sipil, penerima pensiun, perintis kemerdekaan dan veteran beserta keluarganya, serta pihak lain yang ikut serta dalam program pemeliharaan kesehatan tersebut (PP No. Tahun 1991).

Menurut beberapa hasil survey, upaya pelayanan kesehatan rumah sakit khususnya bagi peserta ASKES di beberapa kota di Indonesia menunjukkan bahwa kepuasan terhadap pelayanan kesehatan di rumah sakit tempatnya cukup bervariasi. Sementara itu, kesadaran, kemauan, dan kemampuan masyarakat untuk menjadi peserta ASKES meningkat, lebih-lebih setelah Indonesia mengalami krisis ekonomi multidimensional. Peningkatan peserta ASKES tersebut, terutama dilandasi dan didorong oleh sasaran utama dan program jaminan pelayanan kesehatan bagi pasien ASKES, yakni untuk memberi kemudahan bagi peserta ASKES dalam memperoleh pelayanan kesehatan tanpa bergantung pada terjadinya uang tunai. Selain itu, kartu ASKES digunakan sebagai jaminan yang lebih praktis dan dapat dibawa kemana-mana, karena berlaku di seluruh Indonesia.

Realitas meningkat minat masyarakat untuk menjadi pasien ASKES, seyogyanya dibarengi pula dengan mutu pelayanan yang seimbang. Namun yang muncul kepermukaan adalah sebagai kendala dan hambatan yang bermuara pada timbulnya berbagai keluhan ketidakpuasan terhadap mutu pelayanan kesehatan secara umum dalam menunjang penyelenggaraan pelayanan kesehatan yang diharapkan. Selain satu bentuk yang dihadapi Rumah Sakit Umum terhadap pelayanan kesehatan pasien ASKES yaitu penulisan penunjang medis yang belum memadai, masih banyak pasien yang tidak mengetahui syarat dan prosedur penggunaan ASKES, dan pelayanan petugas kesehatan terkadang bersikap deskriminatif terhadap pasien peserta ASKES.

Baca selengkapnya » download

sumber gambar: goole.co.id (search engine)

About these ads

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Toko belanja online menyajikan model yang unik dan berkarakter, lebih mudah memilih, menemukan, dan memiliki model favorite Anda. http://www.usrotun-store.com

Masukkan alamat email Anda untuk berlangganan melalui email.

Join 7,225 other followers

DATAstudi Information

Recent Posts

Community

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 7,225 other followers

%d bloggers like this: