Home » Data » Faktor-faktor yang Mempengaruhi Efektivitas Belajar Mengajar

Faktor-faktor yang Mempengaruhi Efektivitas Belajar Mengajar

Oleh:  FATMAWATI ARLIA BASO

Proses belajar terjadi apabila seseorang berinteraksi dengan lingkungannya (natural, sosial, dan atau kultural) yang menyebabkan terjadinya perubahan prilaku (kognitif, afektif, dan atau psikomotorik) yang relatif tetap. Sumantri Muliani dan Permana Johar (1998/1999:1)menyatakan bahwa pembelajaran adalah segala upaya yang dilakukan untuk membantu seseorang atau sekelompok orang sedemikian rupa sehingga proses belajar itu menjadi efisien dan efektif. Pembelajaran itu dapat berlangsung dan berinteraksi antara pelajar (peserta didik), dengan lingkungannya belajar (utamanya sumber belajar). Interaksi antara kedua pembelajaran itu dapat terjadi di sekolah maupun di luar sekolah. Sesuai dengan keperluan, kajian selanjutnya tentang pembelajaran itu akan dipusatkan pada pelajaran di sekolah.

Manusia pada saat lahirnya merupakan makhluk yang tidak berdaya, yang memerlukan ayoman dan asuhan orang lain agar dapat tetap hidup. Namun manusia yang tidak berdaya itu dibekali dengan kemampuan potensial yang hampir semua kemampuan yang dimiliki oleh induknya, pelaku naluriah pada manusia sangat terbatas. Hampir keseluruhan prilaku manusia itu (kognitif, afektif, dan atau psikomotorik) diperoleh melalui interaksi dengan lingkungannya yakni melalui proses belajar. Sebagai ilustrasi, seseorang yang dengan lingkungannya yakni melalui satupun nama benda yang ada sekitarnya, setelah dewasa diperlukan waktu berhari-hari untuk menyebutkan ribuan nama benda yang telah dikenalnya dengan sangat teliti. Selanjutnya berbeda dengan itik yang bisa segera berenang, manusia yang semula tidak dapat berenang pada akhirnya dapat berenang dengan berbagai gaya karena melakukan proses belajar (dalam hal ini: belajar berenang). Oleh karena itu, pemahaman terhadap proses belajar itu akan sangat penting bagi setiap orang agar dapat melakukannya secara efisien dan efektif. Utamanya bagi setiap guru yang bertugas untuk membantu siswanya dalam melakukan proses belajar yang efisien dan efektif itu.

Belajar-mengajar di sekolah selalu dilaksanakan berdasarkan kurikulum yang berlaku termasuk berbagai pedoman/petunjuk pelaksanaannya.

Sumantri Muliani dan Permana Johar (1998/1999:6) menyatakan bahwa:

Pesan yang terdapat di dalamnya kurikulum haruslah diterjemahkan ke dalam suatu kegiatan belajar mengajar agar pesan tersebut (yakni tujuan pendidikan) dapat diterima oleh peserta didik. Kegiatan belajar mengajar tersebut seyogyanya dirancang dan dilaksanakan dengan menggunakan pendekatan/strategi belajar dipandang sebagai suatu pola umum penerjemahan kurikulum yang telah dinyatakan berlaku (kurikulum formal) ke dalam suatu proses belajar-mengajar yang akan memberi pengalaman belajar kepada peserta didik sesuai pesan kurikulum itu. (kurikulum eksperiesial).

Joni Raka (1985:7) mengemukakan bahwa belajar itu adalah suatu yang harus dilakukan sendiri (dihayati oleh yang bersangkutan), maka mengajar merupakan upaya menciptakan suatu sistem lingkungan yang memungkinkan terjadinya proses belajar. Oleh karena itu, strategi belajar-mengajar biasa pula disebut strategi pembelajaran. Berbeda dengan kurikulum, yang merupakan hasil kerja bersama berbagai pihak (ahli perencanaan kurikulum, ahli bidang studi, dan sebagainya). Maka strategi pembelajaran adalah tanggung jawab guru/pengajar (secara individual/tim) dengan bantuan profesional ahli kependidikan non-guru yang relevan. Oleh karena itu, kajian tentang masalah belajar mengajar perlu dikaji lebih dalam lagi faktor-faktor yang mempengaruhi.

About these ads

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Toko belanja online menyajikan model yang unik dan berkarakter, lebih mudah memilih, menemukan, dan memiliki model favorite Anda. http://www.usrotun-store.com

Masukkan alamat email Anda untuk berlangganan melalui email.

Join 7,236 other followers

DATAstudi Information

Recent Posts

Community

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 7,236 other followers

%d bloggers like this: