Home » Artikel » Indeks Pembangunan Manusia (IPM)

Indeks Pembangunan Manusia (IPM)

IPM DATAstudiIsu mengenai pembangunan manusia di Indonesia, sebenarnya bukan hal yang baru. Isu tersebut secara eksplisit maupun implisit menempati posisi sangat penting dalam falsafah negara Pancasila dan dokumen-dokumen kenegaraan lainnya yang strategis seperti UUD 1945, GBHN dan Repelita. Walaupun demikian, karena masalah prioritas, aksentuasinya baru dimulai dalam GBHN 1993 dan dijabarkan dalam Repelita VI. Tampaknya tidak berlebihan jika dikatakan bahwa Concern mengenai pembangunan manusia sejak awal telah melandasi mainstrem model pembangunan Indonesia paling tidak pada tataran ideal atau normatif.

Pada tahun 60-an banyak negara melaporkan bahwa di satu sisi berhasil mencapai pendapatan perkapita tinggi, namun di sisi lain penduduk miskin makin bertambah jumlahnya. Hal ini menimbulkan kecurigaan bahwa pembangunan yang hanya mengejar perumbuhan ekonomi akan sulit mencapai masyarakat yang makmur, aman dan terbebas dari tekanan hidup yang merupakan tujuan pembangunan itu sendiri. Pada hakekatnya keberhasilan pembangunan tidak dapat diukur dari berhasilnya membangun gedung-gedung pencakar langit serta jalan-jalan yang mulus akan tetapi harus diukur dari keberhasilan mengangkat harkat dan martabat rakyat ke tempat yang lebih tinggi. Ini berarti pembangunan harus difokuskan pada manusia sebagai titik sentralnya. Model-model alternatif pembangunan yang ditawarkan adalah pembangunan sumber daya manusia, kebutuhan dasar, dan kesejahteraan manusia, akan tetapi ketiga model pembangunan ini dinilai masih bersifat parsial belum bersifat holistik.

Pembangunan sumber daya manusia memandang manusia sebagai input dalam proses produksi, seperti halnya dengan faktor-faktor produksi lainnya yaitu, tanah, modal dan mesin. Manusia diperalat untuk mengejar tingkat output yang tinggi namun dalam proses ini manusia bukan sebagai pewaris dari apa yang dihasilkan. Pembangunan yang mempunyai pendekatan kebutuhan dasar hanya berorientasi pada kebutuhan dasar manusia agar dapat keluar dari kemelut kemiskinan. Model ini telah mengiring manusia terpasung hingga tidak memiliki pilihan-pilihan lain. Sedangkan pembangunan dengan kesejahteraan manusia memandang manusia dalam proses pembangunan sebagai penerima bukan sebagai peserta yang berpartisipasi aktif atau dengan perkataan lain manusia tidak mengambil bagian untuk berperan dalam pembangunan.

Dengan demikian, pada tahun 1990 UNDP dalam laporannya “Global Human Development Report” memperkenalkan konsep “Pembangunan Manusia (Human Development)”, sebagai paradigma baru model pembangunan. Konsep ini lebih komprehensif dan bersifat holistik yang mencakup ketiga model sebelumnya.

Berbagai pergeseran dalam kebijaksanaan pembangunan menyebabkan pengukuran terhadap hasil-hasil pembangunan yang ada harus disesuaikan. Kebutuhan untuk melihat fenomena atau masalah dalam perspektif waktu dan tempat sering menuntut adanya ukuran baku. Upaya untuk mengangkat manusia sebagai tujuan utama pembangunan, sebenarnya telah muncul dengan lahirnya konsep “basicneed development”. Paradigma ini mengukur keberhasilan pembangunan dengan menggunakan Indeks Mutu Hidup (Physical Quality of Life Index), yang memiliki tiga parameter yaitu angka kematian bayi, angka harapan hidup waktu lahir dan tingkat melek huruf.

Kemudian dengan muncul dan berkembangnya paradigma baru pembangunan manusia, sejak tahun 1990 UNDP menggunakan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) atau Human Development Index (HDI) untuk mengukur keberhasilan atau kinerja pembangunan manusia suatu negara atau wilayah. Sejalan dengan itu, perlu dilakukan pengukuran kinerja pembangunan di Kabupaten Polewali Mandar untuk melihat kinerja pembangunan di wilayah ini.

View Detail: download IPM Kab. Polman 2007

About these ads

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Toko belanja online menyajikan model yang unik dan berkarakter, lebih mudah memilih, menemukan, dan memiliki model favorite Anda. http://www.usrotun-store.com

Masukkan alamat email Anda untuk berlangganan melalui email.

Join 7,237 other followers

DATAstudi Information

Recent Posts

Community

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 7,237 other followers

%d bloggers like this: